Beberapa peran dan tanggung jawab agen perubahan adalah sebagai berikut:

  • Bertindak sebagai katalis dan berperan dalam mengelola dan memulai kegiatan yang terkait dengan perubahan dalam organisasi
  • Menjelaskan alasan inisiatif, mengapa itu terjadi dan siapa yang akan terpengaruh olehnya dan dengan cara apa
  • Agen perubahan berfokus pada inovasi dan kemajuan dalam organisasi melalui inisiatif perubahan
  • Mengelola dan melacak tujuan yang telah ditetapkan untuk agen perubahan
  • Berbicara dan mendukung inisiatif perubahan
  • Merumuskan metode yang akan mengubah terjadi
  • Mempromosikan nilai transformasi yang dilakukan oleh perusahaan
  • Menyoroti keuntungan dari tindakan yang diusulkan
  • Mendukung dan membimbing orang lain melalui proses perubahan
  • Mengantisipasi area potensi gangguan, perselisihan, dan kekhawatiran
  • Mengembangkan strategi untuk mengurangi potensi gangguan, konflik, dan kekhawatiran
  • Memastikan implementasi struktur, prosedur, dan proses yang efektif untuk mencapai nilai yang diinginkan dari perubahan yang diharapkan
  • Memperoleh umpan balik terkait
  • Bertindak sebagai titik kontak yang menjawab pertanyaan dan kekhawatiran orang lain
  • Dia menengahi antara poin pertikaian dan masalah

Keterampilan agen perubahan

Keterampilan agen perubahan adalah sebagai berikut-

  • Keterampilan orang yang baik dan kemampuan untuk membangun hubungan yang berharga dan tahan lama
  • Keterampilan kognitif untuk pemahaman diri dan evaluasi
  • Komunikasi yang kuat dan keterampilan meresap yang sangat baik yang dapat menyebarkan informasi perubahan di antara tenaga kerja dengan mudah untuk mewujudkan dan mengimplementasikan inisiatif
  • Ketrampilan memprioritaskan pekerjaan sehingga jelas tugas mana yang harus ditangani terlebih dahulu dan mana yang kemudian
  • Keterampilan tindakan yang akan membantunya untuk menjalankan berbagai peran terkait seperti peneliti, konsultan. pelatih dll

Ciri-ciri agen perubahan

Ciri-ciri agen perubahan adalah sebagai berikut.

  • Pengetahuan yang beragam untuk mengembangkan strategi yang efektif
  • Jaringan yang kuat
  • Kredibilitas
  • Visi yang jelas
  • Mampu memprioritaskan
  • Sabar tapi juga gigih
  • Keberanian untuk melakukan apa yang perlu dilakukan
  • Keterpercayaan
  • kepribadian yang kuat
  • Harus memotivasi diri sendiri
  • Kesiapan untuk memahami potensi peluang baru
  • Pemahaman yang lebih dalam tentang bisnis dan budaya bisnis
  • Kesediaan untuk menjadi tangguh dan mengajukan pertanyaan yang sulit
  • Fleksibilitas dan keterbukaan untuk memfasilitasi kreativitas dan perubahan
  • Alam yang tenang adalah kondisi yang sulit dan merugikan
  • Harus memiliki kepemilikan dan tanggung jawab
  • Keterampilan mendengarkan yang efektif
  • Niat yang menunjukkan keinginannya untuk mengimplementasikan inisiatif perubahan
  • Miliki dorongan untuk melakukan yang diperlukan bahkan jika dia menghadapi tentangan di awal