Berikut adalah beberapa panduan untuk menetapkan tujuan secara efektif;

1) Tetapkan dan fokus pada beberapa tujuan yang realistis

Saat menetapkan tujuan untuk karyawan Anda, selalu bijaksana untuk memastikan bahwa Anda menghasilkan lebih sedikit tujuan. Saat menetapkan tujuan, Anda perlu menyadari bahwa lebih sedikit lebih banyak. Dengan kata lain, Anda tidak harus menetapkan banyak tujuan pada saat yang sama karena kemungkinan besar karyawan tidak akan dapat fokus pada banyak tujuan ini dan akibatnya, Anda akan frustrasi.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menetapkan beberapa tujuan sekaligus, mungkin dua atau tiga dan membiarkan karyawan memfokuskan semua energi, waktu, dan sumber daya mereka untuk mencapai hal yang sama. Biasanya bermanfaat untuk menetapkan, memfokuskan, dan mencapai hasil yang diinginkan pada tujuan yang lebih sedikit daripada menetapkan banyak tujuan yang akhirnya diabaikan.

2) Pilih tujuan yang sangat relevan

Semua tujuan relevan dalam satu atau lain cara, tetapi ada yang memungkinkan Anda mencapai apa yang tampaknya Anda sukai sebagai hasil terbesar Anda. Ada beberapa yang harus diberikan preferensi sepenuhnya karena mereka menyelaraskan untuk membuat dampak yang relatif lebih besar pada organisasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Oleh karena itu, ketika menetapkan tujuan, perlu dipastikan bahwa Anda menetapkan tujuan yang pada akhirnya akan berdampak lebih besar pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, berkonsentrasilah pada mereka sebagai prioritas sebelum memulai tujuan lain yang mungkin tampak kurang berdampak bagi organisasi.

3) Fokus pada tujuan yang selaras dengan misi organisasi

Beberapa tujuan biasanya menarik dan menyenangkan untuk dicapai daripada yang lain. Ini adalah beberapa tujuan yang tidak boleh Anda abaikan atau abaikan karena fakta bahwa itu tidak menarik. Anda perlu memahami bahwa ini adalah beberapa tujuan terbaik untuk menjadi fokus selama mereka terkait erat dengan misi organisasi Anda. Mengabaikannya menyiratkan bahwa Anda tidak memberikan apa yang dibutuhkan agar organisasi menonjol, melainkan mencapai tujuan demi melakukannya.

Dalam hal ini, Anda perlu memfokuskan energi Anda untuk memastikan bahwa Anda mengidentifikasi apa yang dilakukan organisasi Anda dan selanjutnya melaksanakan tujuan yang dapat mencerminkan hal yang sama. Ingat – Semakin Anda selaras dengan organisasi Anda, semakin bahagia Anda dan senior Anda.

 

4) Kunjungi kembali dan perbarui tujuan dari waktu ke waktu

Tujuan organisasi tidak pernah dibuat sedemikian rupa sehingga apa yang ditulis atau ditetapkan tidak boleh diubah atau ditingkatkan. Setiap organisasi menetapkan tujuannya tergantung pada apa yang ingin mereka capai baik dalam jangka pendek atau panjang yang pada akhirnya menjamin mereka sukses dalam usaha mereka. Ada beberapa contoh ketika tujuan tersebut mungkin gagal untuk menghasilkan hasil yang diinginkan atau menjadi tidak layak. Dalam pengertian inilah Anda perlu meninjau kembali tujuan dan memperbaruinya agar sesuai dengan misi organisasi yang pada akhirnya memungkinkan Anda untuk terus menjadi semakin sukses dalam bisnis tertentu.

Anda juga perlu mempelajari pasar dan lingkungan bisnis untuk menentukan tren saat ini dan memastikan bahwa Anda mengatur ulang tujuan agar sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika Anda menyadari bahwa tujuan tidak lagi sejalan dengan visi perusahaan Anda, Anda dapat secara kolaboratif merevisinya dan menghasilkan tujuan yang dapat menguntungkan bisnis. Hal ini akan membantu dalam memastikan bahwa organisasi bertahan bahkan di tengah persaingan yang keras dan waktu henti ekonomi .

5) Bingkai pernyataan tujuan secara positif

Saat menetapkan tujuan organisasi, selalu penting untuk memastikan bahwa Anda menuliskannya dengan cara yang menggambarkan kepositifan. Tindakan dan proses penetapan tujuan sama pentingnya dengan yang Anda pikirkan karena hal itu membantu untuk selalu mengingatkan Anda tentang apa yang perlu dicapai dan juga kerangka waktunya. Pernyataan tujuan harus dalam pendekatan memotivasi yang memunculkan kepositifan kepada karyawan dan memberi mereka alasan untuk bekerja keras dan mencapai tujuan.

6) Merumuskan rencana aksi dan menaatinya

Satu hal yang biasanya dilupakan banyak orang ketika menetapkan tujuan organisasi adalah menguraikan langkah-langkah penting untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apa yang terjadi dalam banyak kasus adalah bahwa orang sering terlalu fokus untuk mencapai tujuan tetapi melupakan langkah-langkah penting ini. Rencana tindakan membantu Anda melacak kemajuan yang memungkinkan Anda menentukan apakah Anda berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan tertentu atau tidak.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa Anda tetap pada rencana tindakan sampai saat Anda benar-benar selesai. Pastikan bahwa relevansi, nilai, dan kebutuhan untuk mencapai tujuan tetap tinggi. Ini akan memungkinkan Anda untuk fokus pada tujuan serta memahami apa yang diperlukan untuk membangun kerajaan organisasi yang sukses dalam jangka pendek dan panjang.

Penetapan tujuan yang efektif adalah proses kritis yang perlu dilakukan dengan penuh perhatian. Ini sebenarnya tentang apa yang Anda inginkan terjadi dan dengan demikian kebutuhan untuk memastikan bahwa Anda menentukan apa yang Anda butuhkan dan mengapa Anda menginginkannya dilakukan sebaliknya, peluang untuk berhasil berkurang secara signifikan.