Berikut adalah 14 prinsip manajemen menurut Henri fayol dan bagaimana Anda dapat menerapkan 14 prinsip manajemen ini dalam organisasi Anda.

 

1) Pembagian kerja

Berlaku untuk perusahaan yang memiliki banyak karyawan dan sedikit karyawan, prinsip pembagian kerja mengatakan, bahwa pekerjaan harus dibagi antara semua orang yang mampu melakukannya dan tidak boleh dibebani terlalu banyak kepada beberapa orang yang terkonsentrasi . Itu tidak boleh diencerkan dengan memberikan pekerjaan yang sama kepada banyak orang. Ini memastikan pemanfaatan tenaga kerja yang tepat dan membuat mereka tetap fokus dan produktif.

Dalam jangka panjang, pembagian kerja yang ditargetkan ini membantu tenaga kerja untuk mengkhususkan diri pada pekerjaan yang mereka lakukan, sehingga memastikan kesalahan yang jauh lebih sedikit. Di sebuah pabrik, pemecah masalah selalu seseorang yang telah bekerja di mesin selama bertahun-tahun.

2) Otoritas

Kekuasaan dan tanggung jawab untuk memberi perintah harus berada di tangan segelintir orang saja dan tidak boleh diencerkan. Salah satu kesalahan umum perusahaan besar adalah bahwa manajemen terdiri dari terlalu banyak orang, sehingga menciptakan konflik. Ketika beberapa orang yang dipilih memiliki kekuatan untuk memilih, maka otoritas ini dibawa ke bawah rantai dan prosesnya diimplementasikan.

Dengan otoritas seperti itu datang tanggung jawab. Bayangkan jika Anda adalah kepala pemasaran sebuah perusahaan, dan Anda menerima telepon terkait pemasaran produk tertentu , pada akhirnya jika produk gagal , Anda harus menanggung kegagalan tersebut. Anda tidak dapat melewatkan uang. Jadi, ketika orang tersebut mengambil tanggung jawab, dia juga mengambil keputusan yang bijaksana. Oleh karena itu, wewenang dan tanggung jawab berjalan beriringan dan merupakan bagian penting dari 14 prinsip manajemen Henri Fayol.

3) Disiplin

Tak perlu dikatakan, bahwa manajemen bertanggung jawab atas cara disiplin dipertahankan dalam suatu organisasi. Dan disiplin ini merembes ke bawah, ke ujung rantai karyawan juga. Contoh terbaik adalah biro iklan, yang mendorong pertemuan dan percakapan informal untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Namun, bahkan biro iklan ini diketahui menjaga disiplin dalam cara eksekutif iklan berinteraksi dengan pelanggan atau cara mereka melakukan pekerjaan mereka. Disiplin merupakan bagian dari misi dan nilai -nilai organisasi itu sendiri.

 

4) Kesatuan komando

Ketika kami membahas otoritas pada poin di atas, kami mengatakan bahwa otoritas seharusnya hanya ada pada orang-orang tertentu. Demikian pula, otoritas mengalir ke bawah rantai hanya ketika ada sejumlah orang yang terkait dengan orang yang berwenang. Jika semua orang di partai politik langsung melapor ke perdana menteri, dia akan segera dirawat di rumah sakit karena stres .

Jadi untuk mempertahankan perintah, ada hierarki. Satu orang harus melapor hanya kepada satu pemimpin dan tidak kepada 3-4 orang. Oleh karena itu hierarki standar manajer nasional, manajer regional, manajer kelompok, pemimpin tim dipertahankan di sebagian besar organisasi. Ini memastikan bahwa setiap saat, para manajer dan eksekutif tahu kepada siapa mereka melapor, dan mereka tahu tanggung jawab mereka serta kinerja yang diharapkan dari mereka.

5) Kesatuan arah

Setelah kesatuan komando tercapai dan Anda memiliki hierarki yang lengkap, di mana semua orang tahu kepada siapa mereka melapor, dan mereka siap untuk melakukan perintah pemimpin, maka inilah saatnya untuk menerapkan kesatuan arah.

Perusahaan, dari level CEO hingga level eksekutif harus bergerak menuju satu arah. Jika pertumbuhan adalah arah yang Anda tuju, maka seorang eksekutif tunggal hingga CEO perusahaan harus berkinerja dengan cara yang membawa pertumbuhan bagi perusahaan. Dan eksekutif ini harus dilatih dan dikelola sesuai dengan itu oleh manajernya.

6) Kepentingan bawahan

Untuk mengendalikan karyawan, Anda harus memahami minat mereka terlebih dahulu. Dan pada akhirnya, Anda harus memastikan bahwa kepentingan perusahaan berada di atas kepentingan individu . Sering kali, seseorang dikeluarkan dari perusahaan ketika dia sedang melakukan pekerjaan sampingan atau melakukan pekerjaan sampingan sendiri.

Hal ini dikarenakan perusahaan ingin memastikan, bahwa orang yang bekerja di perusahaan tersebut memberikan 100% miliknya kepada perusahaan. Fokus organisasi adalah pada individu yang memberikan segalanya untuk perusahaan. Kepentingan perusahaan harus ditempatkan di atas kepentingan individu.

7) Remunerasi 

Sekarang, tentu saja ketika Anda mengharapkan karyawan Anda untuk disiplin, Anda menginginkan kesatuan arah dan komando, maka Anda harus memberi upah kepada karyawan sehingga mereka cenderung tidak beralih ke kompetisi dan lebih mungkin berkonsentrasi pada pekerjaan yang mereka miliki. tangan.

Sesuai dengan 14 prinsip manajemen Henri Fayol, karyawan harus diberi upah yang adil untuk menjaga tingkat motivasi mereka tetap tinggi. Remunerasi ini dapat berupa moneter atau non moneter. Kompensasi moneter termasuk insentif, bonus atau kompensasi finansial lainnya. Kompensasi non moneter dapat mencakup penghargaan atau pengakuan.

8) Sentralisasi

Sentralisasi adalah jumlah kendali yang ada pada orang-orang dalam suatu organisasi. Jika ada sekelompok orang tertentu yang memiliki kendali (misalnya – di perusahaan besar), maka ini disebut sentralisasi. Di sisi lain, jika ada persentase yang lebih tinggi dari orang-orang dalam organisasi yang memiliki kendali (misalnya – dalam usaha kecil), maka ini dikenal sebagai desentralisasi.

Organisasi harus menyeimbangkan sentralisasi dan desentralisasi keduanya. Sebagian besar perusahaan papan atas memiliki unit bisnis strategis yang juga merupakan bentuk desentralisasi. SBU ini diberi kekuatan pengambilan keputusan mereka sendiri. Demikian pula, sebagian besar usaha kecil akan berbagi wewenang secara terdesentralisasi untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Namun, itu sepenuhnya tergantung pada bisnis dan sektor yang bersangkutan apakah akan menggunakan sentralisasi atau tidak.

9) Rantai Skalar

Rantai skalar mengatakan bahwa harus ada garis wewenang yang jelas di perusahaan sehingga ketika Anda harus “Meningkatkan sesuatu” maka Anda tahu garis wewenangnya. Saat Anda menghadapi keadaan darurat atau bencana, Anda harus tahu siapa yang harus dituju, jika atasan langsung Anda tidak menyelesaikan pertanyaan Anda.

Perusahaan populer seperti Samsung dan lainnya memiliki rantai skalar yang disetting di satu tempat. Di perusahaan seperti itu, untuk layanan pelanggan, jika keluhan Anda tidak diselesaikan dalam 3 hari, akan berlanjut ke manajer wilayah, jika tidak diselesaikan dalam 5 hari, berlanjut ke kepala wilayah provinsi, dan jika tidak diselesaikan dalam 7 hari berlanjut ke kepala nasional.

10) Pesan

Perintah ini tidak berarti bahwa seseorang yang duduk di atas memerintah orang-orang. Ini adalah urutan “Ketertiban vs kekacauan”. Sederhananya, jika suatu organisasi tidak berjalan dengan tertib, maka akan terjadi kekacauan. Jadi untuk bekerja dengan tertib, karyawan membutuhkan peralatan yang tepat dan prosedur yang tepat untuk memastikan ketertiban tetap terjaga setiap saat.

Oleh karena itu, sebagian besar perusahaan besar memiliki cara khusus untuk menghitung kehadiran tenaga kerja mereka. Waktu khusus diberikan ketika tenaga kerja dapat pergi makan siang sesuai dengan stasiun kerjanya. Petugas pemeliharaan ditempatkan untuk setiap masalah dalam peralatan. Secara keseluruhan, semuanya bekerja dengan cara yang diminyaki dengan baik, halus dan teratur. Pemeliharaan ketertiban merupakan prinsip penting dalam 14 prinsip manajemen Henri fayol .

 

11) Ekuitas

Setiap orang harus diperlakukan sama dan tidak ada preferensi yang harus diberikan dalam sebuah organisasi. Sering kali, keluhan paling umum dari karyawan adalah bahwa karyawan yang berbeda lebih disukai daripada mereka untuk promosi atau remunerasi yang lebih baik.

Namun, organisasi yang adil adalah organisasi yang menjaga kesetaraan di antara semua orang. Untuk itu, memiliki budaya yang tepat dalam organisasi sangatlah penting. Jika perusahaan beretika , maka ekuitas secara otomatis akan terjaga.

12) Stabilitas tenurial

Salah satu hal penting dalam 14 prinsip manajemen Henri fayol adalah stabilitas masa kerja, atau pengurangan karyawan. Intinya, Henri fayol mengatakan bahwa sebuah organisasi memiliki peluang lebih baik untuk tumbuh lebih cepat jika karyawannya stabil. Secara alami, jika ada gesekan yang tinggi dalam organisasi, maka akan ada banyak waktu yang terbuang dalam pelatihan dan pengembangan , biaya akan naik dan stabilitas masa kerja tidak akan diperhatikan.

Jika Anda melihat sebagian besar perusahaan besar, mereka menganggap serius pengurangan dan pergantian karyawan . Ada berbagai prosedur yang ditetapkan untuk memastikan bahwa karyawan tidak meninggalkan perusahaan, dan bahkan jika memang demikian, manajemen harus tahu mengapa mereka keluar. Demikian pula, ada taktik lain yang dapat digunakan seperti rotasi pekerjaan untuk memerangi kebosanan, insentif untuk memotivasi agresi, dan berbagai taktik semacam itu dapat digunakan untuk memastikan stabilitas kepemilikan.

 

13) Inisiatif

Kedengarannya terlalu bagus ketika kita berpikir bahwa sebuah perusahaan telah berinovasi dan membawa produk baru ke pasar . Namun seringkali, kita mempertanyakan, mengapa perusahaan tidak secara teratur berinovasi. Jika dilihat, perusahaan yang paling inovatif adalah yang mendorong talenta muda dan tua untuk mengeluarkan ide-ide mereka sendiri. Mereka juga menunjukkan minat dan keterlibatan untuk mendorong para profesional tersebut.

Google , Apple dan Facebook adalah beberapa perusahaan yang telah menerapkan prinsip ini di antara 14 prinsip manajemen dengan baik. Di google, developer dan engineer diberikan waktu yang manis untuk mencari cara inovatif yang dapat dikembangkan sebagai produk untuk google itu sendiri. Hal yang sama berlaku untuk Facebook dan apel juga. Karena karyawan didorong untuk mengambil inisiatif, tingkat inovasi perusahaan-perusahaan ini tinggi.

 

 

 

14) Semangat korps

Esprit de corp didefinisikan sebagai perasaan bangga dan loyalitas bersama yang dimiliki oleh para anggota suatu kelompok. Dan itulah yang harus Anda targetkan jika Anda ingin mencapai kesuksesan sambil menerapkan 14 prinsip manajemen.

Esprit de corps adalah serikat tertinggi dari manajemen dan karyawan dalam sebuah organisasi, yang mengarah ke sebuah organisasi yang bangga dengan apa yang dilakukannya, dan yang telah mengumpulkan banyak loyalitas dari karyawan dan pelanggan. Ada sangat sedikit perusahaan yang mampu mengelola itu ( Intel , apple, Amazon dan beberapa lainnya). Esprit de corps dalam suatu organisasi memberikan keunggulan kompetitif yang sebenarnya bagi organisasi karena itu berarti bahwa karyawan antusias, termotivasi dan akan melakukan apa saja untuk perusahaan atau manajemen.

Secara keseluruhan, 14 prinsip manajemen ini selalu hijau, dan tidak peduli bagaimana teknologi mengejar kita, 14 prinsip manajemen ini akan penting bahkan untuk organisasi terkecil dan akan membantu mereka ketika mereka tumbuh besar. Bahkan ada cara yang lebih sederhana untuk melacak beberapa hal yang tertulis dalam 14 prinsip manajemen. Tetapi tujuan akhirnya adalah memiliki organisasi yang dikelola secara efisien, produktif, dan memberikan hasil yang optimal sesuai dengan tujuan organisasi.