Di kesempatan ini aku ingin membahas tentang hal-hal yang telah dipelajari di session 2 mata kuliah Innovative Product Design and Development nih

Sebenarnya semua session sangat menarik untuk dibahas dan aku selalu mendapatkan pengetahuan baru dari situ, namun untuk kali ini aku ingin membahas salah satu session favoritku yaitu season 2, di season ini aku belajar mengenai Opportunity Identification and Product Planning. Sebagai pengusaha kita harus mengenali setiap peluang yang ada di dalam bisnis kita, terkadang tanpa disadari terdapat puluhan peluang yang mungkin terjadi dan membuat bisnis kita berkembang namun kita tidak menyadarinya sama sekali, sayang banget kan.. padahal setiap peluang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan produk.

 

Nah hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu menjabarkan opportunity serta inovasi apa saja yang sudah dilakukan selama ini, tujuannya untuk mengetahui seberapa jauh kita dapat mengidentifikasi peluang yang ada di sekitar lingkungan kita. Selanjutnya, membuat point-point yang berpotensi untuk dapat dijadikan peluang pengembangan bisnis kita, oiya di tahap ini kita bisa mengidentifikasi dari mana saja yaaa, dari market, customer atau trend sosial media pun bisa!. Setelah itu kalian bisa membuat list solusi apa saja yang dapat kita berikan terhadap pengembangan produk disamping telah mengidentifikasi point kedua yang telah aku jelaskan tadi.

Ini dia tahap terakhir yang ditunggu-tunggu >< setelah melakukan semua yang di tulisan atas tadi kalian harus membuat bagian, bagian apakah itu? yuk kita simak. Kalian akan membuat list rencana pengembangan produk, di tahap ini kalian pecah idenya kira-kira ide mana yang harus dilakukan terlebih dahulu atau dapat dikatakan achievable berdasarkan kondisi bisnis teman-teman saat ini hingga yang paling sulit dilakukan namun tidak keluar jalur yaa. Nah itu dia pengalaman dan tips dari aku, terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga apa yang kalian inginkan cepat tercapai yaa semangatt terus!