Apakah kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan concept testing atau pengujian konsep? Apa saja langkah-langkah di dalam melakukan pengujian konsep bisnis kalian? Jika masih belum tahu atau belum mengerti, berikut akan saya bahas.

 

Pengujian konsep merupakan jenis pengujian yang dilakukan untuk menganalisis sebuah konsep produk sebelum resmi diluncurkan. Pengujian konsep ini termasuk ke dalam salah satu tahap di dalam pengembangan konsep produk. Hal yang dilakukan di dalam pengujian konsep antara lain adalah meminta tanggapan mengenai konsep produk kepada pelanggan maupun calon pelanggan yang sesuai dengan target market.

 

Adapun tujuan dari dilakukannya pengujian konsep sebagai berikut.

  • Mengetahui tingkat potensi keberhasilan produk,
  • Mengetahui kekurangan produk,
  • Membantu mengevaluasi produk sebelum resmi diluncurkan,
  • Mengetahui respon target market terhadap produk tersebut, dan
  • Membantu mengembangkan produk dengan ide-ide baru.

Dengan tujuan seperti di atas, maka tahap pengujian konsep menjadi tahap yang penting untuk dilakukan sebelum mengeluarkan sebuah produk. Tahap pengujian konsep juga dapat membantu meminimalisir terjadinya kegagalan produk di pasar.

Langkah melakukan Pengujian Konsep:

  1. Menentukan Tujuan dari Pengujian Konsep

Contoh : Menjawab pertanyaan, seperti

  • Apa tujuan dilakukan pengujian konsep tersebut?
  • Pengembangan konsep seperti apa yang dapat ditingkatkan?
  • Hal-hal apa yang perlu diperbaiki dari konsep produk tersebut?

 

  1. Menentukan Populasi Survey

Contoh : Menentukan pengujian konsep akan dilakukan kepada siapa, seperti

  • Target market produk
  • Orang terdekat seperti keluarga atau teman
  • Pengguna produk serupa

 

  1. Menentukan Format Survey

Contoh : Survey akan dilakukan dengan cara bagaimana, seperti

  • Interaksi secara tatap muka
  • Telepon
  • E-mail
  • Internet (Google Forms)
  1. Mengkomunikasikan Survey

Contoh : Menyampaikan konsep kepada responden dengan berbagai cara, seperti

  • Sketsa dari konsep produk
  • Foto produk
  • Video produk
  • Simulasi produk
  • Produk fisik
  • Produk berupa prototyoe

 

  1. Mengukur Respon Pelanggan

Contoh : Mengukur respon pelanggan dengan mengkategorikan responden ke dalam berbagai kelompok, seperti

  • Pasti akan membeli
  • Mungkin akan membeli
  • Mungkin tidak akan membeli
  • Pasti tidak akan membeli

 

  1. Menafsirkan Hasil

Contoh : Mengambil keputusan mengenai konsep yang diuji, seperti

  • Konsep produk sudah sangat baik dan berpotensi mendominasi pasar
  • Konsep produk masih perlu diperbaiki atau dikembangkan dalam sisi kemasan

 

  1. Merenungkan Hasil dan Proses

Contoh : Mendapatkan hasil akhir dari pengujian konsep, seperti

  • Perkiraan ukuran pasar yang akan dituju
  • Perkiraan jumlah ketersediaan produk untuk kedepannya
  • Kelompok atau kategori target market yang sangat berpotensi membeli produk