Tahukah kamu, dalam membangun sebuah bisnis tentunya hal pertama yang perlu kita pikirkan adalah kebutuhan dari konsumen saat ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang pengusaha dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumennya, sehingga memungkinkan untuk produk yang diciptakannya nanti dapat sukses dan terjual laris di pasaran. Identifikasi kebutuhan konsumen itu sendiri berguna tidak hanya mengetahui keinginan dari konsumen terhadap suatu produk, melainkan kita juga dapat mengetahui harapan setiap konsumen akan produk yang dihasilkan. Dengan demikian, pada artikel ini kami akan membahas mengenai 5 metode yang kami lakukan sebagai pengusaha kreatif dari bisnis camilan “Kripikin” dalam mengidentifikasi kebutuhan pelanggan.

Langkah pertama, kami sebagai pengusaha melakukan penyebaran survei guna mengetahui kebutuhan dan keinginan dari setiap konsumen. Langkah ini merupakan tahap yang sangat penting menurut kami, karena melalui data yang diperoleh dari hasil survei inilah nantinya kita dapat mengidentifikasi produk apa yang sebaiknya akan kami produksi untuk bisnis camilan. Memasuki langkah kedua, kami kemudian mengelola seluruh data dari hasil survei untuk meringkas dan menafsirkan data tersebut. Dari data yang telah ditafsirkan inilah, kita dapat mengatur kebutuhan ke dalam susunan hierarki yang dikelompokkan berdasarkan kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Setelah itu, kami kemudian menetapkan kepentingan relatif dari kebutuhan konsumen, yang mana hasil dan prosesnya dievaluasi kembali untuk memutuskan bagaimana kebutuhan dan harapan konsumen tersebut dapat kami implementasikan sebaik mungkin pada bisnis camilan.

Hasilnya, kami merancang produk camilan berupa keripik kentang yang dilengkapi dengan saus cocol (dipping sauce). Dipilihnya keripik kentang karena produk tersebut dinilai lebih diminati oleh hampir setiap kalangan usia berdasarkan survei yang dilakukan sebelumnya. Sementara dilengkapinya dengan saus cocol kami yakini dapat memberikan pengalaman baru dalam mengkonsumsi camilan, sekaligus juga upaya kami dalam menawarkan inovasi produk dalam bidang camilan dan menjadi salah satu competitive advantage dari brand Kripikin itu sendiri jika dibandingkan dengan kompetitor. Dengan demikian, semua identifikasi kebutuhan konsumen dan contohnya dapat diterapkan untuk kamu juga yang memiliki semangat dalam membangun sebuah bisnis. Dengan begitu, kamu dapat menghasilkan konsep produk yang lebih terarah dan spesifik sesuai dengan kebutuhan dan harapan dari target konsumen.

 

 

Sumber Gambar:

https://medium.com/@aliciafreites5/understanding-your-customers-needs-and-wants-a-consultant-s-point-of-view-d04402d8b6c3