Untuk mengetahui suatu keinginan pelanggan,kita tidak bisa hanya menebak-nebak saja keinginan mereka itu apa.Kita memerlukan sebuah bukti yang asli bahwa pelanggan tersebut menyukai dan mempunyai keinginan tersebut agar nantinya kita bisa membuat suatu produk yang pada saat akan kita jual,produk tersebut bisa laku karena produk tersebut sesuai dengan keinginan pelanggan.Mungkin kalian berpikir bahwa mengetahui keinginan pelanggan itu tidak terlalu penting dalam pengembangan suatu produk.Namun nyatanya,hal tersebut penting,karena para pelanggan mempunyai keinginan yang sangat diperlukan dan ada hal juga yang tidak diperlukan.Jika kita hanya menebak-nebak saja,maka bisa saja kita akan membuat suatu produk yang tidak diperlukan oleh konsumen,jadinya tuh kita kayak main judi,50/50 kemungkinan produk kita akan berhasil dan tidak berhasil.Oleh karena itu mengetahui keinginan pelanggan itu penting demi kesuksesan sebuah produk tersebut.

Oleh karena itu,disini saya akan memberi tahu beberapa hal yang penting dalam cara mengetahui apa yang pelanggan inginkan,walaupun hal tersebut membutuhkan proses,tetapi setidaknya kita bisa mengetahui seperti apa keinginan yang konsumen/pelanggan inginkan.Langkah pertama yaitu mengumpulkan data,kita bisa secara langsung menginterview mereka ataupun memberi mereka selembaran kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar dengan hal yang kita inginkan.

Sehabis kita mengumpulkan data dari pelanggan kita,kita akan Menyusun data tersebut menjadi data yang terstruktur,seperti kebutuhan primer konsumen,sekunder dan pelengkapnya agar kita bisa mengetahui kebutuhan konsumen apa.

Setelah hal tersebut,kita akan membuat sebuah prototype yang dimana barang test kita/prototype tersebut akan kita coba(bisa dicoba dijual)agar kita mengetahui hasilnya tersebut,nantinya setelah kita mengetahui hasil tersebut,kita bisa membuat kesimpulan apakah produk tersebut bisa jalan dan bisa dijual di pasaran atau tidak.Silahkan dicoba!

Jangan lupa,bahwa semua hal yang ada di atas ini tidak akan terkabul bila kita tak punya tujuan dalam hal mencari tahu keinginan pelanggan seperti apa,jadi sebisa mungkin carilah alasan kenapa kita ingin mengetahui keinginan pelanggan,agar kita mempunyai tujuan yang jelas.