Tren berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia terjadi salah satunya saat bulan Ramadan. Kemeriahan serta antusiasme masyarakat dalam berbelanja online terlihat sejak momen menjelang Ramadan hingga Hari Raya Lebaran. Hal ini menjadi momen berharga bagi semua pemain e-commerce. Terlihat persaingan sengit antar e-commerce selama Program Ramadan yang dihadirkan oleh setiap pemain, baik melalui ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik.

Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan terakhir yang didalamnya meliputi bulan Ramadan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan” menunjukkan bahwa 77% konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi Top of Mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama masa persiapan hingga selama bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Posisi ini diikuti Tokopedia 18% dan Lazada 4%. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah BukalapakBlibli dan JD.ID

“Di bulan suci Ramadan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara 3 pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya. Hal ini menjadi salah satu alasan kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadan dengan presentase yang cukup signifikan,” kata Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia, di Jakarta (20/5).

Kemeriahan Program Ramadan E-commerce

Setiap tahunnya, para pemain e-commerce menghadirkan program special selama persiapan bulan Ramadan hingga Hari Raya. Hampir semua responden mengaku turut berpartisipasi aktif dan telah memanfaatkan berbagai program spesial Ramadan yang disajikan oleh situs-situs online untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan.

Dari survey itu, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88% responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41% belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19% berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3% tidak menyebut.

 

https://www.liputan6.com/news/read/4970986/kilas-balik-ramadan-2022-riset-snapcart-ungkap-shopee-unggul-di-persaingan-e-commerce