IDENTIFYING CUSTOMER NEEDS
Dalam membentuk suatu bisnis, selain hanya memproduksi dan menjual, kita harus mengetahui kebutuhan konsumen untuk bisa menyesuaikan produk kita dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Setelah mengetahui kebutuhan konsumen, kita juga perlu menganalisa apakah produk yang dikembangkan bisa bekerja sesuai dengan fungsinya atau tidak. Mengidentifikasi kebutuhan konsumen merupakan hal yang krusial dalam membentuk suatu bisnis karena dari mengidentifikasi kebutuhan konsumen, pelaku usaha dapat mengetahui arah dan tujuan dari terbentuknya suatu bisnis dan juga menjadi petunjuk untuk langkah-langkah berikutnya dalam mengembangkan bisnis.
Sebelum mengidentifikasi kebutuhan konsumen, akan lebih baik apabila kita tahu tujuan dibalik proses identifikasi kebutuhan konsumen. Berikut merupakan tujuan dari mengidentifikasi kebutuhan konsumen:
- Memastikan bahwa produk difokuskan pada kebutuhan
- Mengidentifikasi kebutuhan tersembunyi serta kebutuhan
- Memberikan dasar fakta untuk membenarkan spesifikasi
- Membuat catatan arsip tentang aktivitas kebutuhan proses
- Pastikan bahwa tidak ada kebutuhan konsumen yang kritis yang terlewatkan atau
- Mengembangkan pemahaman umum tentang kebutuhan konsumen di antara anggota tim
Dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen, terdapat beberapa proses yang harus dilakukan yang terdiri dari 5 metode berikut:
- Kumpulkan data dari
- Menginterpretasikan data dalam hal kebutuhan
- Mengatur kebutuhan ke dalam kebutuhan primer dan
- Tetapkan kepentingan relatif dari
- Menarik kesimpulan dari hasil dan
Comments :