Apa itu Opportunity? Opportunity atau peluang adalah sebuah gagasan untuk sebuah inovasi yang mengisi kekosongan dalam pasaran, seperti; kebutuhan yang terlengkapi, penemuan teknologi baru, dan hal lainnya yang dapat menjawab pain dari sebuah pasar. Ada metode mendapatkan opportunity yang efektif yaitu, effective opportunity tournaments. Dalam metode tersebut, ada 3 cara, yaitu; menghasilkan banyak peluang, mencari high quality dalam produk yang akan diciptakan, dan membuat varians yang baik dalam kualitas opportunity tersebut. Jika ketiga cara itu sudah dilakukan, hasil produk akhir tersebut dapat menjadi yang terbaik dan layak dijual di pasar.

 

Opportunity Identification Process itu sendiri dibagi menjadi 6 tahap. Tahap pertama adalah establish a charter yang bertujuan untuk menetapkan batas-batas inovasi. Tahap kedua yaitu generate and sense many opportunities yang dalam bahasa Indonesia adalah menghasilkan sebanyak mungkin peluang. Selanjutnya tahap ketiga adalah screen opportunities, yang berguna untuk menyaring peluang-peluang yang tingkat kemungkinannya kecil agar perhatian kita terpusat pada peluang yang layak. Tahap keempat yaitu develop promising opportunities. Tim harus mengembangkan lebih lanjut peluang tersebut dari berbagai segi. Tahap kelima yaitu select exceptional opportunities. Dalam tahap ini, inilah waktunya kita memilih 1 peluang yang betul-betul berpotensi agar pengembangan lebih signifikan. Kemudian, tahap terakhir adalah reflect on the results and the process.

 

Pengenalan bisnis kami, Kursi Kayu Coffee

Bisnis yang kami jalani adalah Kursi Kayu Coffee, bisnis di bidang penjualan minuman kekinian, ada yang kopi dan non kopi. Saat ini, Kursi Kayu hanya beroperasi melalui preorder online saat adanya pandemic COVID-19 ini. Rencana pembuatan outlet cafe kami tertunda, dan berencana untuk dikembangkan lagi saat kuliah-kuliah sudah mulai tatap muka lagi, karena target market kita adalah kalangan mahasiswa. Sekarang, menu yang tersedia hanya minuman dingin, kami tidak menyajikan minuman panas karena kualitas dan rasa kopi akan berkurang jika harus menunggu pengiriman ke alamat pembeli. Kesempatan yang kami ambil adalah kesempatan bahwa di Indonesia, tren masyarakat yang gemar “ngopi” dan membeli produk-produk minuman kekinian yang segar sangat tinggi. Kebanyakan masyarakat yang terbiasa minum kopi, mereka harus selalu membeli kopi setiap harinya, baik itu kopi hitam, kopi susu, dan jenis lainnya. Dikarenakan bidang industri ini memiliki banyak pemain dan akan menjadi pesaing kami, kami telah melakukan inovasi terhadap produk-produk kami.

 

Brainstorming Opportunities Kursi Kayu Coffee

  1. Kami sedang meracik resep minuman baru yaitu kopi asal Toraja yang berciri khas pahit, dicampur dengan sedikit susu dan madu. Selain rasanya yang menjadi khas, minuman ini juga sangat sehat dan memiliki banyak manfaat bagi peminumnya seperti mengurangi resiko diabetes, menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan stamina.
  2. Kami baru mengeluarkan produk minuman baru, yaitu susu Minuman non kopi dengan racikan yang tepat dilengkapi selai biscoff dan juga biskuitnya. Selai biscoff dan biskuit biscoff menjadi varian rasa yang kekinian dan digemari banyak konsumen.
  3. Kami juga berencana mengikuti trend-trend yang sempat dan sedang viral di kalangan remaja, contohnya kopi dalgona. Sempat menjadi trend untuk pecinta K-drama. Hal tersebut dapat menjadi opportunity untuk Kursi Kayu mengembangkan varian baru untuk menarik lebih banyak pengunjung lagi.
  4. Kursi Kayu Coffee juga berencana melakukan pengembangan dengan melakukan kerja sama dengan public figure yang cukup Hal tersebut menjadi current opportunity

 

untuk kami karena dapat meningkatkan brand awareness. Juga akan berdampak langsung ke peningkatan penjualan Kursi Kayu Coffee.

  1. Kami juga berencana membuka cabang ke beberapa kota, sehingga bahan-bahan yang kami perlukan bisa didapatkan secara jumlah yang lebih banyak, tentu akan berdampak ke harga grosir setiap bahan baku atau perlengkapan yang kami dapatkan. Hal tersebut menjadi opportunity yang cukup penting untuk memaksimalkan keuntungan.

 

Setelah melakukan beberapa tahapan dari opportunity identification process, dari 5 opportunities yang kami temukan, akhirnya kami memilih 2, yaitu nomor 1 dan nomor 4. Opportunity 1 dan 4 adalah yang paling logis dan kemungkinan berhasilnya cukup besar.