Hallo teman teman semua! Kalian sudah tau belum bahwa prodi creativepreneurship memiliki mata kuliah yang memberikan pengetahuan kepada kita mengenai produk design dan development. Tidak hanya mempelajari mengenai bagaimana membuat produk yang innovative saja. Customer needs merupakan sebuah cara yang dapat mendorong customer untuk membeli suatu produk ataupun jasa. Pada akhirnya tujuan tersebut yang mendorong keputusan dalam pembelian konsumen.

 

Pada sesi 3 saya dapat mempelajari dan mendapatkan berbagai informasi mengenai identifikasi kebutuhan customer. Mengapa kita sebelum berbisnis perlu memhamai kebutuhan customer tujuan nya yaitu agar:

  1. Produk yang kita buat sesuai dengan kebutuhan customer

Membuat produk sesuai dengan customer needs bertujaun agar produk yang dibuat dapat sesuai dengan sasaran customer yang sudah di tentukan, sehingga dapat membantu memudahkan dalam membuat produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan customer. selain itu kita dapat melakukan analisa perubahan yang terjadi pada kebutuhan customer yang dapat berubah kapan pun.

  1. Merancang strategi bisnis

Dengan mengetahui kebutuhan customer maka membantu perusahaan dalam membuat strategi bisnis degan memegang berbagai informasi tentang customer needs. Strategi yang dibuat oleh perusahaan seperti strategi marketing, strategi penjualan, strategi distribusi, sehingga dengan merancang strategi bisnis dapat membuat marketing dan penjualan dapat dilakukan secara effisien dan menghemat biaya.

  1. Merencanakan Produksi

Setelah mengetahui kebutuhan customer dan merencanakan strategi bisnis selanjutnya yaitu membuat rancangan produksi yyang bertujuan agar menghindari terjadinya over produksi sehingga perusahan dapat menghindari dari besarnya biaya kerugian.

  1. Memiliki Ciri khas

Ciri khas merupakan sebuah ciri yang menjadi sebuah identitas dari produk dan brandyang kita miliki. Dengan menciptakan ciri khas maka akan menambah persaigan dengan adanya perbedaan maka persaingan akan semakin ketat.

  1. Mengetahui trend pasar

Trend pasar dapat membantu memenuhi kebutuhan customer yang dapat dikemas dengan bentuk yang lebih baik dam dapat mendapatkan daya tarik tersendiri pada trend pasar. Hal tersebut berkaitan dengan memiliki ciri khas tertentu yang dapat membuat perusahaan untuk mampu bersaing dan mengembangkan bisnisnya ke arah kesuksesan.

Setelah kita memahami pentingnya memahami keinginan customer maka kita perlu untuk melakukan test kepada produk yang sudah kita buat, tujuan dari melakukan survey populasi dan survey produk yaitu untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik dari masyarakat yang kita targetkan. Setelah kita melakukan survey kita perlu  mengkomunikasikan konsep  dari produk yang kita buat kepada target market, dan customer tujuan dari mengkomunikasikan konsep produk kita yaitu agar konsumen mengerti dengan produk kita yang nantinya akan berlanjut ke tahap survey untuk mendapatkan hasil respon yang diberikan oleh customer dan target market kita lalu kita harus melakukan  interprestasi hasil survey tesebut dan melakukan review untuk meningkatkan kualitas dan melakukan peningkatan produk.

Setelah kita mengetahui bahwa memahami keibutuhan customer dalam bisnis adalah hal yang penting. Dengan pengetahuan yang kita dapatkan dari mengikuti pembelajaran kelas innovative product design and development maka mahasiswa creativepreneurship dapat mendesign produk yang dapat menjawab kebutuhan customer.