By: Theresa Mae Muljana

Vera Nathania

Yosua Nicholas Hernawan

https://www.dreamstime.com/photos-images/nestle.html

Nestlè Indonesia merupakan anak perusahaan dari Nestlè S.A., yang memiliki pusat di Vevey, Swiss, dan sudah beroperasi selama lebih dari 150 tahun di 189 negara serta lebih dari 2.000 merek yang memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat. Nestlè yang merupakan perusahaan gizi, kesehatan, dan keafiatan terkemuka di dunia, Nestlè beroperasi di Indonesia sejak tahun 1971. Nestlè Indonesia hingga saat ini sudah mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan dan mengoperasikan tiga pabrik yaitu Pabrik Kejayan yang berlokasi di Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti Dancow dan Bear Brand, kemudian ada Pabrik Panjang yang berlokasi dI Lampung untuk mengolah kopi instan yang bernama Nescafè, serta Pabrik Karawang yang berlokasi di Jawa Barat untuk memproduksi Dancow, Milo, dan Cerelac.

Sejarah perusahaan Nestlè dimulai pada tahun 1866, dengan didirikannya Anglo-Swiss Condensed Milk Company. Henri Nestlè menciptakan sebuah produk makanan khusus untuk bayi pada 1867, dan pada 1905 perusahaan yang didirikannya bergabung dengan Anglo-Swiss yang bertujuan untuk membentuk Grup Nestlè. Sepanjang periode tersebut, berbagai daerah berkembang dan jalur kereta api serta penggunaan kapal uap membantu mengurangi harga komoditas serta memacu perdagangan barang konsumen secara internasional.

Misi Nestlè Indonesia untuk turut mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui produk-produknya yang berkualitas, bergizi dan lezat rasanya. Selain itu juga Nestlè memfokuskan untuk senantiasa memberikan informasi dan pendidikan bagi para konsumen, antara lain seperti tercantum dalam setiap kemasan produk Nestlè. Dalam menjalankan bisnisnya, Nestlè berusaha untuk selalu menjalankan tanggung jawab kepada masyarakat dan menciptakan manfaat.

 

Roadmap yang dimiliki Nestlè Indonesia adalah untuk menciptakan keselarasan antar karyawan untuk mencapai misi Nestlè Indonesia. Misi Nestlè Indonesia menuntut seluruh karyawan Nestlè Indonesia untuk memiliki inspirasi jangka panjang untuk membangun masa depan dan aksi-aksi usaha jangka pendek, serta menciptakan tingkatan kinerja yang dibutuhkan.

 

Keunggulan kompetitif yang dimiliki Nestlè Indonesia dihasilkan oleh berbagai macam keunggulan yang sulit ditiru. Nestlè Indonesia juga memiliki keunggulan dari produk-produknya yanh bagus dan R&D yang kuat antara kehadiran geografis dan jiwa usaha karyawan serta nilai-nilai yang kuat.

Nestlè Indonesia memiliki beberapa hal yang mendorong pertumbuhan perusahaannya, yaitu

  1. Gizi, kesehatan, dan keafiatan
  2. Pasar yang berkembang dan PPP
  3. Kepemimpinan luar ruang
  4. Premiumisasi

keempat hal tersebut memberikan prospek yang baik untuk pertumbuhan perusahaan Nestlè Indonesia. Semua yang dilakukan Nestlè Indonesia selalu didorong oleh poin pertama, dan juga motto Nestlè Indonesia “Good Food, Good Life”

Strategi yang digunakan oleh Nestlè Indonesia adalah :

  1. inovasi dan renovasi dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun
  2. Komunikasi dengan konsumen
  3. Efisiensi operasional

Strategi tersebut mendorong pengembangan produk, pembaruan kualitas, kinerja operasional, hubungan interaktif dengan konsumen, serta diferensiasi dengan perusahaan pesaing. Keunggulan Nestlè Indonesia adalah berorientasi pada konsumen.

Nestlè memiliki manfaat untuk UMKM di Indonesia dengan berkomitmen mendukung UMKM peternak sapi perah. PT Nestlé Indonesia berpartisipasi dalam acara Penandatanganan Kerja Sama Dalam Rangka Kemitraan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang disaksikan langsung oleh Presiden RI, Bapak Joko Widodo.

 

Nestlé telah hadir sejak 50 tahun dan PT Nestlé Indonesia telah bekerja sama dengan para peternak sapi perah yang bergabung di 42 Koperasi dan Kelompok Usaha Bersama di Jawa Timur sejak 1975. Setiap harinya, sekitar 750.000 liter susu segar dari 27.000 peternak sapi perah dibeli oleh PT Nestlé Indonesia per tahun mencapai sekitar 1.7 triliun rupiah, dengan begitu PT Nestlé Indonesia telah ikut serta membangun ekonomi pedesaan sehingga membantu proses pembangunan dan pengembangan desa.

 

Sesuai dengan strategi yang digunakan oleh Nestlè Indonesia yaitu inovasi dan renovasi dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun. Dengan membantu peternak sapi perah di pedesaan, kedua pihak diuntungkan dan juga Nestlè telah membantu memajukan pedesaan tersebut.

 

References

https://www.nestle.co.id/tanya-nestle/nestle-di-indonesia

https://www.nestle.co.id/tentangnestle/sejarah

https://www.nestle.co.id/tentangnestle/misivisi

https://m.medcom.id/ekonomi/bisnis/RkjWVmwK-disebut-tak-sehat-apa-saja-produk-nestle-di-indonesia

https://www.nestle.co.id/tentangnestle/strategibisnis

https://www.nestle.co.id/media/pressreleases/allpressreleases/nestlé-dukung-umkm

https://images.app.goo.gl/VNsiqqaDAe8xUh8LA

https://images.app.goo.gl/kMzoANKQN3Fm1Zsj7

https://images.app.goo.gl/FQ3RNcTQGznvyxSd9