Strategi Pemasaran Khusus UMKM

Dibuat oleh:  Farrel Fathurahman, Caroline Suriaaji, Athilla Dennis, Sally Chang

Strategi pemasaran pada Industri/Perusahaan yang baik diperlukan oleh UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan baik. Pelaku usaha UMKM seringkali memiliki pertanyaan dalam diri mereka, seperti; “Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam UMKM yang efektif ?”, “Apa strategi pemasaran terbaik untuk UMKM ?”, “Bagaimana cara menyusun strategi yang baik untuk mempromosikan bisnis UMKM ?”. Pertanyaan-pertanyaan ini seringkali muncul di otak para pebisnis UMKM. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, “Apa jawabam dari pertanyaan ini? Apa solusinya?” Pada artikel ini, kami akan menjelaskan tentang strategi-strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh para pengusaha UMKM.

Strategi pemasaran pada usaha UMKM ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Membuat business plan

Business plan diperlukan oleh perusahaan untuk bisa menjalankan bisnisnya, business plan berguna untuk pengusaha dalam mengetahui apa langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mendorong usaha mereka menjadi lebih maju. Di dalam business plan ini akan terdapat hal-hal yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan seperti ide produk, teknik pemasaran, pengeluaran, dll.

  • Melakukan analisis SWOT

SWOT merupakan singkatan dari Strengths, Weakness, Opportunities, Threats. Strengths adalah kemampuan internal perusahaan, sumber daya, faktor situasional positif yang akan membantu perusahaan dalam menjalani bisnis. Weakness adalah keterbatasan interna yang akan menhalangi jalannya bisnis. Opportunities adalah faktor yang memiliki peluang untuk menguntungkan perusahaan. Lalu yang terakhir, Threats adalah ancaman yang memiliki peluang untuk merugikan perusahaan. Analisis SWOT ini diperlukan perusahaan agar bisa mengetahui apa saja yang diperlukan oleh mereka, apa teknik pemasaran yang perlu diterapkan, dll.

  • Membuat produk yang unik

Pembuatan produk yang unik dapat menjadi salah satu cara untuk UMKM mengembangkan bisnis mereka. Produk yang yang memiliki konsep unik akan menimbulkan kesan baru pada masyarakat. Dengan adanya kesan ini, masyrakat akan cenderung memilih untuk membelinya. Namun perlu diingat, produk yang dijual tidak boleh hanya sekedar memiliki konsep yang unik, namun juga harus berkualitas agar bisa memenuhi kebutuhan dari konsumen.

  • Menjadi Networker

Networker merupakan seseorang yang mempunyai koneksi yang luas dan memiliki sifat optimis dalam menjalankan usaha. Oleh karena itu, pengusaha UMKM disarankan untuk menjadi seorang networker, karena hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan positif pada usaha yang dijalankan. Masyarakat akan lebih tertarik pada pengusaha yang memiliki rasa percaya pada produknya.

  • Menerapkan STP pada Strategi Pemasaran

STP merupakan singkatan dari segmenting, targeting, positioning. Penerapan STP ini diperlukan oleh usaha UMKM. Segmenting pada UMKM artinya adalah menentukan segmentasi pasar yang dimana artinya itu pengusaha perlu untuk menempatkan konsumen dalam sub-kelompok di pasar produk. Setalah melakukan segmenting, hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pengusaha adalah Targeting, yaitu mengevaluasi segmen pasar untuk menentukan target market usaha. Langkah terakhir yaitu Positioning, yaitu menentukan posisis produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan target market.

  • Menggunakan E-commerce untuk memasarkan produk.

Pemanfaatan E-commerce akan meningkatkan peluang bisnis untuk sukses dikarenakan E-commerce ini memiliki jangkauan yang luas. E-commerce akan menjadi alat pembantu usaha dalam pemotongan rantai distribusi, slain itu, konsumen juga dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang lebih murah.

  • Konsisten dalam menerapkan strategi pemasaran UMKM.

Konsistensi dalam bisnis sangatlah penting karena kepercayaan konsumen aka nada apabila pengusaha konsisten pada bidang usaha yang mereka jalani. Ketika seorang pengusaha tidak konsisten, konsumen akan ragu untuk membeli produk yang ditawarkan usaha karena belum yakin dengan kualitas produknya.

 

Teknik-teknik diatas merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pengusaha UMKM dalam membantu menerapkan strategi pemasaran untuk usaha mereka.

 

 

Referensi:

  1. https://blog.jejualan.com/konsep-strategi-pemasaran-yang-tepat/
  2. https://www.jurnal.id/id/blog/2018-strategi-pemasaran-yang-efektif-untuk-ukm/