Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Gojek ini merupakan produk dari dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Pada tanggal 7 Januari 2015 Gojek meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS yang menggantikan sistem pemesanan secara online. Gojek juga berkembang pesat setelah meluncurkan sebuah aplikasi dengan tiga layanan, yaitu GoRide, GoSend, dan GoMart. Saat ini Gojek tersedia di 50 kota di Indonesia dan sudah diunduh sebanyak 142 juta kali dengan lebih dari 2 juta mitra pengemudi. Pada 2020 Gojek mencatat bahwa telah meraup laba sebesar 12 milliar dollar AS atau setara dengan 170 Trilliun rupiah.

Kesuksesan dari Gojek ini  tentunya tidak lepas dari strategi pemasaran yang digunakan oleh Gojek. Gojek bisa dibilang cukup sukses dalam bidang marketingnya hal itu dapat dibuktikan dengan bagaimana hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal serta menggunakan aplikasi Gojek. Selain itu jika dilihat lagi gojek juga sukses dalam memperkenalkan produk dan jasa mereka kepada masyarakat dengan menggunakan kinerja secara online dan tidak disangka hal ini dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Berikut ini merupakan taktik pemasaran yang digunakan oleh Gojek :

 

Menggunakan harga yang pasti

Seperti yang kita ketahui gojek menawarkan harga yang sudah jelas tergantung dengan jarak transportasi yang ditempuh, hal ini dapat meminimalisir tindakan atau perlakuan curang yang dapat dilakukan oleh mitra gojek kepada pelanggan karena hal ini gojek mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan pelanggan dan reputasi gojek di bidang transportasi pun menjadi meningkat.

 

Bekerja sama dengan banyak partnership

Dalam hal strategi pamasaran Gojek sering melakukan berbagai sistem kerjasama dengan perusahaan – perusahaan berbeda dengan hal ini kedua perusahaan dapat meningkatkan reputasinya dan dapat lebih dikenal luas. Contoh partnership yang pernah dilakukan oleh Gojek yaitu : Gojek-Tokopedia. Ada juga partnership yang dilakukan Gojek dalam bidang lain seperti kuliner, Bisnis kuliner bekerja sama dengan pihak Gofood. Ada juga Gomart yang dapat bekerja sama dengan minimarket.

Fokus kepada customers experience

Dalam hal yang satu ini gojek mengutamakan layanan customer experience. Dari sini Gojek dapat dengan mudah mengetahui apa yang diharapkan dari para customer. Gojek menanggapi masukan serta keluhan dari para pengguna gojek dan dengan itu gojek dapat menyediakan apa saja yang diingkan oleh para pengguna. Kemudahan yang diberikan ini membuat semakin banyak orang menjadi betah dalam menggunakan aplikasi gojek, semuanya serba mudah dan praktis.

Memperluas target pemasaran

Gojek pada mulanya hanyalah aplikasi transportasi ojek berbasis online tapi seperti yang kita tahu sekarang mereka mulai  memperluas target pemasaran mereka. Hal ini semakin memberikan kemudahan kepada para pengguna. Contohnya kita tidak hanya dapat  memesan kendaraan untuk mengantar ke suatu tempat, namun kita juga bisa memesan makanan, tiket, belanja secara online, membayar tagihan secara online, dll. Improvisasi dari gojek ini yang membuat orang merasa betah kemudahan serta kepraktisan yang disediakan oleh gojek sangatlah membantu masyarakat. Taktik yang dimanfaatkan gojek seperti mencari gap pada market ini sangatlah membawa keuntungan besar bagi perusahaan gojek.

 

Ada beberapa cara yang mungkin dapat diambil bagi kita para entrepreneur ataupun hal yang dapat diimplementasikan pada bisnis kecil-menengah. Hal pertama yaitu dengan memanfaatkan peluangan dalam pasar itu sendiri atau filling the market gap. Menganalisa apakah ada peluang yang dapat digunakan oleh bisnis kita. Contohnya seperti Gojek mereka memanfaatkan peluang berberntuk sistem online pada jasanya yang menjadikan gojek sebagai jasa transportasi online. Dan pada saat itu belum adanya aplikasi transportasi yang dapat digunakan secara online itulah mengapa masyarakat cukup mengapresiasi ketika gojek diluncurkan. Kedua yaitu dengan cara memperluas target pemasaran. Dengan cara memperluas target pemasaran maka hal tersebut dapat meningkatkan juga keutungan yang dapat diambil dari suatu perusahaan. Ketiga yaitu dengan berfokus pada kebutuhan pelanggan. Masukan serta feedback cukup penting bagi keberhasilan bisnis kita. Dengan adanya masukan kita jadi mengetahui apakah produk kita butuh improvisasi atau perbaikan, kita juga jadi mengetahui apa yang diharapkan dari pelanggan terhadap produk kita.

 

By:

  • Owen Michael
  • Kenneth Giovani Setiawan
  • Vincent Raphael

 

References

Strategi Marketing Gojek Yang Efektif

Strategi Marketing Gojek: Analisis SWOT & Bisnis Model Canvas

https://blog.mtarget.co/strategi-marketing-ala-gojek-yang-bisa-anda-coba/

https://www.nataconnexindo.com/blog/strategi-promosi-gojek-fokus-pada-inovasi