Ketika kita sudah memiliki sebuah bisnis, ada kalanya step selanjutnya yang ingin dilakukan adalah memperbesar skala bisnis lebih dari yang sudah berjalan, salah satunya dengan ekspansi.

Menambah cabang secara operasional bisnis pasti jauh lebih kompleks, apalagi mengolah dan memonitor operasional, perpajakan, sampai ke pelaporan keuangan.

Berikut ini beberapa tips dari beberapa expert  F&B yang sudah punya puluhan cabang tentang cara memanage operasional bisnis mereka.

1 Outlet 1 P&L (Laporan Keuangan)

Terkesan rumit tetapi ini akan membuat decision making jauh lebih akurat (contohnya ketika menilai Apakah 1 outlet tersbeut perform/ tidak, pindah lokasi/ tidak, dll).

Sekarang sudah banyak accounting software yang bisa membuat secara otomatis & memisahkan laporan keuangan masing-masing outlet, sampai ke detail perhitungan pajak, inventory, dll.

Inventory Management Central Kitchen

Bagi yang mau ekspansi dan membutuhkan central kitchen, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut.

  • Membedakan Inventory Central Kitchen & outlet
  • Disiplin mengisi laporan In & Out Inventory Card
  • Membuat Master Data kumpulan resep dan supplier
  • Monitor/ Stock Opname seminggu sekali

Mengapa tips yang disebutkan mengarah ke aplikasi? Karena hanya dengan system yang integrated dan automated lah kita bisa Scale Up bisnis F&B kita. Bayangkan jika kita memiliki puluhan cabang, tetapi semua system masih manual, tentu akan sangat menyita waktu dan rawan tindakan kriminal. Namun semua kembali ke masing-masing preference.

Semoga berguna.

 

Source: https://www.instagram.com/p/CW2GuCVhCmv/?igshid=YmMyMTA2M2Y= dengan penyesuaian