Athala Yazid, Sefiya Serbeena, Siti Adelia, Muharraran Fiddinita

Dalam memasarkan suatu produk, perusahaan dapat memanfatkan keunggulan yang dimiliki oleh produk yang dihasilkan. Keunikan produk seperti kualitas bahan, varian rasa dan menu, hingga packaging dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk tersebut agar lebih mudah. Namun, dalam suatu perusahaan terdapat kelemahan yang mampu membantu perusahaan untuk terus berkembang sehingga, membuat produk menjadi lebih memuaskan dibanding yang diiklankan. Faktor kelemahan perusahaan seperti banyaknya persaingan dalam pasar, persaingan harga, besarnya modal yang dikeluarkan, serta kecilnya ruang lingkup disebabkan oleh situasi yang membuat perusahaan hanya dapat berjalan secara online. Akan tetapi, adanya kelemahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk dijadikan peluang dalam memasarkan produk lebih luas. Contohnya, perusahaan dapat menjadi pemasok café yang sudah memiliki reputasi usaha untuk memasarkan produknya di jangkauan yang lebih luas dari sebelumnya. Bisnis yang memasuki sebuah pasar tentu akan berhadapan dengan merek yang lebih besar yang telah menguasai tren pasar serta sudah memiliki pelanggan tetap, tentu membuat perusahaan menjadi terancam dalam berkembang. Penguasaan pasar merupakan salah satu usaha paling efektif dalam pendekatan terhadap konsumen yang dapat dilakukan oleh perusahaan

SWOT dari bisnis ini membantu para penemu bisnis ini untuk mengetahui apakah bisnis ini do-able atau tidak. Dan hasil dari Analisa SWOT menunjukan bahwa bisnis yang akan di bangun memiliki lebih banyak keuntungannya daripada kekurangannya. Oleh karena itu, para penemu KrispeeCrepe membuat keputusan untuk mencoba bisnis ini. Analisa SWOT KrispeeCrepe bisa dilihat di bawah ini :

  • Strength :
    • Kualitas bahan

KrispeeCrepe berencana untuk menggunakan bahan organic dengan tujuan agar membuat makanan ringan yayng disebut crepes bisa menjadi lebih sehat dan “diet friendly”  daripada kompetitor mereka diluar sana.

  • Rasa yang unik

KrispeeCrepe berencana untuk mengkombinasikan beberapa buah atau material lainnya yang dapat menciptakan rasa yang unik nan enak.

  • Packaging

Bukan hanya produknya saja yang dibuat menarik dan unik oleh KrispeeCrepe, tapi packagingnya pun akan di buat “custom build” dimana bentuk packagingnya sendiri itu kotak yang dapat menahan suhu produk sehingga walaupun di biarkan sedikit lama (tidak langsung di konsumsi), rasa produk masih sama seperti baru selesai produksi.

  • Varian menu

Karena KrispeeCrepe akan banyak ber eksperimen pada rasa, otomatis jumlah menu yang di tawarkan pun akan banyak dan memiliki keunikan tersendiri pada setiap menu. Dan yang pasti, Menu KrispeeCrepe akan berbeda dengan competitor diluar sana.

  • Weakness :
    • Banyak competitor

Walaupun strength KrispeeCrepe memiliki peluang besar, tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana sudah banyak yang menjual produk yang sama terlebih dahulu sehingga pasar pun memiliki banyak pilihan selain KrispeeCrepe

  • Harga kompetitif

Karena sudah banyak competitor, pasar pun dapat membandingkan harga produk dari satu bisnis dan bisnis lainnya. Oleh karena itu, KrispeeCrepe harus membuat harga yang dapat berkompetisi dengan competitor yang sudah ada walaupun bahan produksi KrispeeCrepe akan lebih mahal daripada kompetitornya.

  • Modal besar

Bahan yang di butuhkan KrispeCrepe untuk produksi sudah bisa dikatakan mahal. Dengan demikian, modal yang harus di siapkan oleh bisnis ini akan lebih mahal daripada kompetitornya. Selain biaya produksi yang mahal, biaya untuk pemasarannya pun harus lebih besar agar banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis baru ini.

  • Opportunity :
    • Diminatinya makanan ringan

Karena peminat makanan ringan di Indonesia cukup besar, walaupun KrispeeCrepe adalah bisnis baru, ada peluang besar untuk bisnis ini untuk meningkatkan penjualannya yang dapat membalikan modal yang telah dikeluarkan oleh penemu – penemunya lebih cepat dari target yang sudah di tentukan.

  • Bisa menjadi pemasok untuk bisnis lain

Selain meningkatkan penjualaan, KrispeeCrepe dapat berkolaborasi dengan bisnis – bisnis lain yang berjalan di F&B juga seperti café, coffee shop, ataupun restoran. Dengan ini, peningkatan penjualan KrispeeCrepe dapat meroket dan juga kesadaran orang akan KrispeeCrepe dapat meningkat secara drastic tanpa merugikan sebelah pihak.

  • Threat :
    • Adanya brand yang lebih besar

Dari sisi eksternal, banyak bisnis yang sudah jauh lebih besar dari KrispeeCrepe yang membuat tantangan untuk bisnis ini tetap bertahan di pasar. Karena mayoritas bisnis yang sudah miliki branding yang lebih baik, akan memiliki pelanggan setia dan pelanggan setia tersebut akan susah untuk direbut oleh KrispeeCrepe

  • Trend sesaat

Salah satu ancaman yang harus dihadapi KrispeeCrepe adalah makanan ringan memiliki sifat “trend sesaat” dimana umur terkenalnya suatu bisnis bisa dibilang cepat akan tetapi turunnya penjualan pun akan cepat.

  • Harga bahan naik

Tidak bisa di pungkiri bahwa harga bahan produksi di pasar dapat naik turun sesuai dengan keinginan dan keberadaan barang atau demand and supply.

Berhubung bisnis ini akan berjuang secara online terlebih dahulu, KrispeeCrepe akan melakukan strategi pemasaran secara online atau digital marketing. Bisnis ini akan membuat akun akun di marketplace seperti Go-food, Instagram, dan lain lain lalu akan memanfaatkan fitur pemasaran di marketplace tersebut. Selain itu pun KrispeeCrepe akan mencari KOL (Key opinion leader) untuk memasarkan dan mengenalkan produk KrispeeCreme ke pengikut – pengikut social media KOL tersebut.

Selain digital marketing, KrispeeCrepe pun akan berkolaborasi dengan bisnis UMKM lainnya yang berjalan pada F&B juga tetapi memiliki offline shop dengan memasok bisnis – bisnis ini dengan produk unggulan KrispeeCrepe tanpa merubah nama pemilik produknya. Selain itu juga KripeeCrepe akan mengadakan membership customer untuk meningkatkan ke setiaan pelanggan dengan cara memberikan promo – promo menarik untuk orang – orang yang memiliki membership seperti diskon yang lebih besar dari orang – orang yang non-member. Dan yang terakhir adalah KrispeeCrepe akan ikut serta di acara – acara offline yang besar seperti Bazaar, Pentas seni suatu sekolah dan lain lain yang biasanya sudah diketahui kalangan – kalangan target market KrispeeCrepe.