1. Unilever Indonesia Tbk adalah Perusahaan multinasional yang memasarkan berbagai barang konsumen di berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan sekaligus perusahaan multinasional yang berkantor pusat di London, Inggris. Unilever memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh. Unilever adalah produsen barang rumah tangga terbesar ketiga di dunia. Terdapat berbagai macam strategi pemasaran yang dilakukan oleh Unilever dalam memasarkan produknya.Sebelum mengimplementasikan Strategi pemasarannya Unilever melakukan perincian data terlebih dahulu yakni segmenting,targeting,dan positionin, marketing mix 4P(product,place,price,promotion).

 

  1.       Produk

Unilever adalah produsen merek-merek terkenal di seluruh dunia yang juga terkenal di tingkat nasional maupun internasional, antara lain Pepsodent, Lifebuoy, Lux, Rexona, Rinso dan lain-lain.Posisi Unilever yang kuat sebagai pemimpin pasar telah diakui melalui berbagai penghargaan nasional dan regional yang diterima oleh perusahaan. PT. Unilever Indonesia. Unilever menyediakan semua produk yang dibutuhkan pasar sehingga produknya menjadi pilihan pertama bagi para konsumen

 

 

  1.     Price

Dalam memasarkan produknya PT Unilever melakukan penerobosan harga  produk yang relatif murah dan kualitas produk yang berkualitas. Dengan strategi pemasaran ini PT Unilever berhasil menguasai sebagian besar pangsa pasar kebutuhan rumah tangga di Indonesia.

 

  1.   Promotion

1.Periklanan, semua bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh suatu sponsor tertentu.

2.Promosi Penjualan, berbagai tambahan jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.

3.Hubungan Masyarakat, berbagai program untuk mempromosikan dan atau melindungi citra perusahaan atau produk individualnya.

4.Penjualan Secara Pribadi, interaksi langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan.

5.Pemasaran Langsung, penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail, dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

 

  1. Place

Dalam PT Unilever Indonesia, promosi yang dilakukan paling banyak melalui media elektronik contohnya Iklan di televisi atau media sosial.

 

Strategi pemasaran oleh Unilever yang bisa diterapkan oleh LUXHALL (UMKM)

  1.     Differensiasi Produk

Pada Differensiasi produk Unilever mempunyai strategi winning with brand and innovation, kuncinya adalah pengembangan produk baru dan tepat guna, terutama pada kategori hair, male grooming, home and personal, serta food and beverages di tahun lalu. Jadi Luxhall / UMKM bisa membuat berbagai jenis kategori yang dapat memudahkan para konsumen.

 

  1.     Kepemimpinan Harga Rendah

PT Unilever melakukan penetrasi harga yang cukup rendah namun produknya memiliki kualitas bagus, hal inilah yang membuat Unilever dengan mudah memasuki pangsa pasar yang ada di Indonesia. Luxhall dan UMKM yang lain bisa menggunakan teknik ini untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Contohnya seperti harga dari admin lelang di Luxhall yang mengambil royalti sedikit.

 

  1.     Menguatkan Keakraban dengan Pelanggan dan Pemasok

Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok, Cara ini bisa dilakukan oleh UMKM untuk mempermudah akses para konsumen berlangganan agar para konsumen merasa menjadi salah satu bagian dari perusahaan (UMKM). Contohnya seperti Luxhall menyediakan program membership untuk para konsumen.

 

Salah satu foto UMKM dibidang fashion ( LUXHALL ) :

 

 

References

  1. https://www.unilever.co.id/our-company/tentang-unilever-indonesia/
  2. https://wantosvofckhe.wordpress.com/implementasi-rencana-starategi-pt-unilever-indonesia/
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Unilever

 

Our Group :

-Adam rizky s hermawan

-Alvin Wedi J

-Fakhri Syauqi H

-Matthew Sebastian