Segala jenis usaha membutuhkan strategi pemasaran baik skala besar maupun yang kecil hingga UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menegah) membutuhkan strategi pemasaran agar produknya semakin dikenal dan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih. Strategi pemasaran bukan hanya fokus tentang bagamaimana kita mendapatkan keuntungan saja namun membangun sebuah branding produk dari perusahaan. Sebelum membahas lebih detail mengenai implementasi strategi pemasaran alangkah baiknya kita membahas pengertian strategi pemasaran.

 

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran merupakan proses perencanaan perusahaan dalam memasarkan dan memperkenalkan produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk mencapai suatu tujuan dengan segala resiko yang akan dihadapi. Strategi pemasaran dapat dipahami sebagai logika pemasaran yang dengannya unit usaha berharap dapat mencapai tujuan pemasarannya. Menurut Tull dan Kahle dalam Fandy Tjiptono (2004) strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk mencapai pasar sasaran tersebut.

Strategi pemasaran sendiri memiliki tiga komponen yakni segmentasi, targeting

dan positioning.

 

  1. Segmentasi

Menurut Kotler dan Amstrong (2008) konsumen di kelompokkan dan dilayani dalam berbagai cara berdasarkan faktor geografis, demografis, psikografis, dan perilaku. Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut

segmentasi pasar.

Dasar-dasar untuk membuat segmentasi pasar konsumen dikelompokkan menjadi:

 

 

 

 

 

a.Segmentasi Berdasarkan Geografis

Segmentasi ini membagi pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan kondisi geografik (daerah), sehingga dalam mengambil keputusan pemasaran betul-betul melihat wilayah yang akan menjadi target pemasaran produk kita.

  1. Segmentasi Berdasarkan Demografi

Segmentasi ini membagi pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan umur, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, ras, dan lain-lain.

  1. Segmentasi Berdasarkan Psikografik

Segmentasi ini membagi pembeli kelompok yang berbeda-beda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup atau kepribadian.

  1. Segmentasi Tingkah Laku

Segmentasi ini berdasarkan selera masyarakat terhadap jenis produk yang ditawarkan. Variabel perilaku membagi pasar atas dasar how the buy dan mengacu pada kegiatan perilaku yang terjadi secara konkrit

 

  1. Targeting

Setelah melakukan segmentasi, perusahaan selanjutnya melakukan pemilihan segmen yang akan dituju atau disebut juga targeting dan dengan menerapkan targeting ini berarti upaya menempatkan sumber daya perusahaan secara berdaya guna, karena itu, targeting ini disebut fitting strategy atau ketepatan. Nembah F. Hartimbul Ginting. (2011).

  1. Positioning

Setelah pemetaan dan penempatan perusahaan harus memastikan keberadaannya di ingatan pelanggan dalam pasar sasaran. Karena itu, strategi ini disebut being strategi atau strategi keberadaan. Nembah F. Hartimbul Ginting. (2011)

 

Contoh Impelentasi Strategi Marketing pada Perusahaan Amazon

  • Amazon menggunakan strategi pemasaran FOMO ( Fear Of Missing Out )

Amazon menggunakan strategi limitasi produk di setiap katalog online yang mereka miliki. Strategi ini termasuk dalam segmentasi tingkah laku dan juga psikografik, yaitu pelanggan akan langsung membayar karena takut akan FOMO.

  • Amazon memberikan Free Shipping

Amazon memberikan ongkos kirim gratis kepada semua pembeli yang melakukan pembelian produk diatas 25 dollar. Bahkan dalam beberapa wilayah, kedatangan sebuah produk hanya terjadi dalam waktu 2 jam saja.

  • Amazon menawarkan fitur untuk membandingkan produk

Dengan fitur ini, pelanggan bisa membandingkan beberapa produk sekaligus.

  • Memberikan Fitur Interaktif Customer Service

Amazon memiliki fitur bernama ‘Mayday”, dimana pelanggan akan langsung terhubung secara live dengan CS Amazon.

  • Amazon menyediakan Email Marketing

Apabila pengguna telah mendaftarkan diri sebagai salah satu pelanggan di Amazon, mereka akan mendapat email marketing tentang produk tertentu, dengan menggunakan ini, Amazon menginginkan jika pelanggan membeli produk tersebut dan menutupnya sebagai sebuah penjualan.

 

 

 

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah)

Menurut Undang-undang No.20 Tahun 2008 tentang UMKM. UMKM di definisikan sebagai perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau kelompok dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Menurut data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, di Indonesia sendiri sudah terdapat sekitar 64,2 juta UMKM yang terssebar di seluruh Indonesia.UMKM telah menyumbang kontribusi PDB negara sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

 

Dari strategi pemasaran yang jelaskan diatas, dapat diambil value untuk diterapkan pada UMKM Mencoba untuk membangun kerja sama dengan konsumen selain dalam bentuk jual beli. Saat ini, banyak pemilik UMKM yang dijadikan narasumber seminar wirausaha. menawarkan sponsor dengan bentuk seperti apa. Selain bisa memperkenalkan usaha, kamu juga bisa dikenal oleh masyarakat luas sebagai pelaku UMKM yang humble dan memiliki ilmu yang mumpuni.

 

Membagikan konten pemasaran yang relevan dengan tren yang sedang diminati konsumen. Mengikuti tren dan pembahasan yang sedang terjadi adalah hal wajib untuk menerapkan strategi pemasaran di era digital. Konsumen akan tertarik ketika suatu usaha memiliki keaktifan mengikuti dan membahas hal yang sedang diminati masyarakat luas.

 

By: Edesius Wahyu Suciaji, Saverio Safwhan Zaidane Arsapermana,

Evangeline Stefanie Suryanto, Davina Marcella Cindy

 

References

  1. Kotler, Philip, (1994), Marketing Management ; Analysis, Planning, Implementation and Control (8th ed), International Edition, Englewood Cliffs, Prentice Hall, New Jersey. 60
  2. Philip dan Keller, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT.Indeks, Edisi 12, Jilid 1.
  3. Philip Kotler, Gary Armstrong. (2018). Principles Of Marketing, Global Edition. 17. Pearson Education Limited. USA. ISBN: 9781292220178.