By: Nafira Ariesta Nugraha & Putri Khairullah

 

Dewasa ini persaingan dalam berbisnis semakin ketat, baik karena adanya kesamaan produk yang dijual maupun karena faktor lainnya. Maka dari itu, sebuah industri atau perusahaan pasti membutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu menghadapi persaingan pasar dan mencapai tujuan perusahaan secara efisien. Dalam proses pencapaian goals, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyusun strategi secara terperinci dan pastikan bahwa rencana sudah matang. Setelah menentukan strategi, seorang pengusaha harus berani melangkah ke ruang lingkup yang lebih luas dengan cara melakukan implementasi pemasaran. Implementasi pemasaran merupakan proses penggantian strategi/rencana menjadi tindakan pemasaran yang dilakukan dengan tujuan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Agar proses implementasi pemasaran lebih terarah dan berjalan sesuai rencana, ada beberapa kemampuan yang dibutuhkan yaitu kemampuan manajerial, administratif, dan persuasif. Sedangkan untuk tahapannya, ada 5 tahap yang dapat dilakukan:

 

  1. Mengenali Pelanggan

Mengenali perilaku konsumen dapat membantu untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif dengan cara mengidentifikasi target market, lalu mengelompokannya berdasarkan lifestyle, jenis kelamin, usia, dan lain-lain. Selain itu, cara ini dapat membantu untuk mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh mereka. Setelah mengetahui keinginan dan kebutuhannya, maka dari situ kita akan mendapatkan peluang untuk memberikan solusi dan mendapatkan keuntungan.

 

  1. Melakukan Promosi

Promosi dilakukan dengan tujuan agar konsumen mengenal jenis produk apa yang ditawarkan. Cara ini memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya masing-masing, untuk kelebihannya, kita bisa memperkenalkan produk kita sekaligus menarik pelanggan baru. Sedangkan untuk kekurangannya, biaya yang diperlukan untuk melakukan promosi biasanya berjumlah besar. Pada tahap promosi ini sebaiknya dilakukan dengan konsisten dan gunakan cara yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli.

 

  1. Menggunakan Internet Marketing

Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan berbagai platform di internet seperti Instagram, Tiktok, Email, Website, dan lain-lain. Strategi pemasaran ini bisa dibilang efektif karena memiliki akses yang luas dan menghemat waktu. Namun, akan sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan karena tidak adanya interaksi/komunikasi langsung antar penjual dan pembeli.

 

  1. Memilih Lokasi yang Strategis

Jika pada tahap ketiga strategi pemasaran dilakukan di berbagai platform berbasis online, maka pada tahap ini dilakukan khusus untuk strategi pemasaran berbasis offline. Pemilihan lokasi yang strategis akan berpengaruh pada besar kecilnya peluang untuk menarik konsumen.

 

  1. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Customer relationship merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan menargetkan loyalitas dari pelanggan. Dengan strategi ini, perusahaan berusaha untuk mempertahankan pelanggan lama agar terus berlangganan dan melakukan pembelian ulang. Manfaat dari CRM (Customer Relationship Management) adalah membantu meningkatkan penjualan, mendapatkan peluang yang lebih besar, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Berdasarkan tahapan-tahapan yang tertera diatas, tentunya implementasi pemasaran memiliki manfaat tersendiri bagi UMKM yang ada di Indonesia. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, UMKM merupakan usaha ekonomi yang produktif didirikan oleh perorangan atau badan usaha berukuran kecil dengan modal yang relatif kecil. Meskipun UMKM bukanlah usaha yang besar, strategi pemasaran yang tepat tetap diperlukan agar usaha tetap berkembang dan berjalan dengan lancar. Manfaat yang dapat diambil bagi UMKM jika menerapkan strategi pemasaran yaitu,

 

  1. Memudahkan Interaksi Dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelanggan akan jauh lebih mudah bila suatu usaha menggunakan internet marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya karena melalui internet atau media sosial.

 

  1. Biaya Promosi yang Lebih Hemat

Pemasaran menggunakan Internet Marketing menghasilkan biaya promosi yang lebih hemat. Pemasaran ini mengeluarkan biaya yang relatif kecil namun dapat menjangkau calon pelanggan dengan cakupan yang luas baik dari Indonesia maupun mancanegara.

 

  1. Cepat Berinovasi

Dengan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat, UMKM dapat cenderung cepat berinovasi karena usaha kecil mempunyai kesempatan untuk memunculkan ide-ide baru yang menarik minat masyarakat yang sesuai dengan target pasar. Hal ini dapat terjadi karena sistem bisnis UMKM tidak serumit perusahaan besar.

 

  1. Mengetahui Keinginan Konsumen

Strategi pemasaran dapat menghasilkan riset terhadap perilaku konsumen tentang apa saja hal yang konsumen minati sehingga perusahaan dapat mengetahui keinginan pasar.

 

  1. Memudahkan Usaha Untuk Bersaing

Dalam suatu persaingan tentunya perusahaan perlu bersaing secara sehat dan cerdas. Melalui strategi pemasaran, perusahaan bisa melihat secara langsung strategi apa saja yang dilakukan oleh pesaing seperti strategi harga atau strategi promosi.

 

 

  1. Pencapaian Keuntungan yang Maksimal

Dengan mengimplementasikan pemasaran dengan melakukan riset pasar dengan tepat maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang maksimal karena usaha yang dijalani sudah dikenal oleh banyak orang sehingga dapat menarik pelanggan dengan strategi-strategi yang sudah ditentukan.

 

 

References:

  1. https://pojoksatu.id/pojok-bisnis/2017/10/03/lakukan-langkah-langkah-strategi-pemasaran-lebih-mudah/
  2. https://www.kreditpintar.com/education/customer-relationship
  3. https://www.temukanpengertian.com/2016/01/pengertian-implementasi-pemasaran.html
  4. https://money.kompas.com/read/2021/03/26/153202726/apa-itu-umkm-pengertian-kriteria-dan-contohnya?page=all
  5. https://www.optify.co.id/digital-marketing/5-manfaat-digital-marketing-untuk-bisnis-ukm-usaha-kecil-dan-menengah

 

Berikut beberapa dokumentasi terkait contoh UMKM yang ada: