Cukup sukses dalam bidang marketingnya, Gojek dapat membuat hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenal dan juga menggunakan. Mengenalkan layanan berbasis online ke seluruh masyarakat tidak hanya ke kaum milenial tidaklah mudah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dan strategi yang digunakan cukup sukses sehingga bisa dipelajari dan bisa kamu coba. Berikut merupakan strategi yang digunakan oleh Gojek, .

1.  Strategi marketing selalu mengikuti trend

Ketika memasarkan layanan atau produk yang diberikan, sangat disarankan untuk mengikuti trend sehingga mudah diterima. Carilah segala sesuatu yang sedang booming untuk mempermudah informasi agar dapat sampai dan dipahami masyarakat. Contohnya adalah film Pengabdi Setan yang sedang trend ini untuk dibuat iklan memakai kata “Pengabdi Setan” sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

  1. Bekerja sama dengan banyak partner

Strategi pemasaran Gojek dengan sistem bekerjasama dengan sebuah pihak dapat membuat banyak pihak yang ikut merasakan keuntungan. Jadi, adanya keuntungan kedua belah pihak dengan adanya kerja sama demi saling meningkatkan bisnis. Contohnya jika bisnis kuliner bekerja sama dengan Go-Food, minimarket dengan Go-Mart dan masih banyak kerja sama lainnya.

  1. Fokus ke customer experiencedan customer journey

Mengutamakan layanan customer experience dan customer journey membuat Gojek mampu menjawab semua kebutuhan. Baik dari keluhan, segala sesuatu yang dibutuhkan dan layanan transaksi hanya di satu aplikasi saja. Karena kemudahan ini, pengguna tidak harus install banyak aplikasi karena semua sudah disediakan Gojek.

Penyebab Gojek Sukses dan Diterima Baik di Tengah Masyarakat

Kesuksesan strategi pemasaran Gojek terbuktikan dengan diterimanya perusahaan ini di tengah masyarakat sampai sekarang. Tidak mudah bagi perusahaan yang baru merintis bisa diterima di tengah ketatnya persaingan dunia usaha. Simak apa saja hal-hal yang menyebabkannya sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam membangun sebuah usaha.

  1. Memiliki dampak sosial yang positif

Gojek tidak hanya menawarkan layanan transportasi secara online, namun aplikasi tersebut memiliki nilai atau value lebih seperti memberikan dampak sosial dengan banyaknya lowongan kerja untuk semua kalangan dan usia. Bahkan, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tetap bisa mendapatkan penghasilan di sela kesibukannya menyelesaikan tugas kuliah.

  1. Target pemasaran semakin luas

Gojek selalu memperluas target pemasarannya sehingga dapat semakin memberikan kemudahan kepada pengguna. Kamu tidak hanya dapat memesan kendaraan untuk mengantar ke suatu tempat, namun juga bisa pesan makanan, tiket, belanja bulanan dan lainnya. Hal inilah yang membuat aplikasinya bisa digunakan oleh semua kalangan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Kesuksesan Gojek sangat menarik perhatian karena mampu menjangkau semua daerah di Indonesia tanpa terbatas. Manajemennya sangat bagus dan strategi pemasarannya juga efektif digunakan sehingga membawa kesuksesan. Tidak ada salahnya kamu mempelajari strategi pemasaran Gojek agar bisnis yang sedang dijalankan bisa sukses juga.

Value yang bisa diambil oleh UMKM

Banyak hal  yang bisa diambil dan ditiru dari strategi pemasaran Gojek. Contohnya adalah gojek selalu mengikuti trend, ini merupakan strategi yang cukup baik karena dengan mengikuti trend otomatis anakanak  muda akan tertarik.Bekerja sama dengan banyak partner. Dengan memiliki banyak partner, berarti kita memiliki koneksi yang banyak dan tentunya akan  semakin banyak orang  yang mengetahui usaha kita. Lalu yang selanjutnya adalah mementingkan kepuasan pelanggan, menurut saya ini juga merupakan hal yang penting, karena jika pelanggan merasa puas, pelanggan akanmembeli lagi produk kita ataupun menggunakan lagi jasa kita, seperti salah satu strategi yang fimiliki  gojek adalah memberikan diskon besar besaran diawal terbentuknya Gojek, agar membuat pelanggan puas, ketergantungtan dengan Gojek, setelah diskondihilangkan secara perlahan, mau tidak  mau pelanggan tetap menggunakan Gojek karena sudah terbiasa.

By: Christopher Laurensius, Jeremy

 

References

  1. https://blog.mtarget.co/strategi-marketing-ala-gojek-yang-bisa-anda-coba/
  2. https://vectrostudio.com/logo-vector-gojek/amp/