Implementasi dari strategi marketing dan keuntungannya bagi perusahaan Shopee
Shopee adalah platform belanja online terdepan di wilayah Asia Tenggara dan Taiwan yang diluncurkan pada tahun 2015 oleh perusahaan Sea Limited yang berkantor pusat di Singapura. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer, namun telah diganti menjadi business to consumer semenjak meluncurkan shopee mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama. Shopee menyesuaikan platformnya untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan garansi produk dan pembayaran yang terjamin.
Shopee melakukan strategi pemasarannya dengan cara melakukan kolaborasi dengan artis-artis ternama baik didalam maupun diluar negeri seperti grup idol korea yang sedang trend yaitu ITZY, Stray Kids, BTS, Gfriend, Blackpink, Jackie chan, Ronaldo, Joe Taslim, Amanda Manopo dan artis lainnya agar meraih engagement dari masyarakat sehingga meningkatkan valuasi dari platform mereka dan juga memudahkan masyarakat mengingat platform tersebut.
Selain itu, shopee pun mengadakan sistem belanja COD dan juga pembayaran melalui minimarket sehingga lebih memudahkan lagi bagi para konsumen yang ingin berbelanja namun tidak bisa melakukan sistem pembayaran secara online. Dengan sistem tersebut, maka shopee bisa menarik lebih banyak pengguna baru yang memiliki keterbatasan dalam melakukan sistem pembayaran online.
Shopee melakukan strategi fomo dengan tujuan mengikuti trend berdasarkan hal-hal yang sedang viral di media sosial. Di zaman serba digital ini masyarakat cenderung memilih untuk berbelanja online, maka dari itu dengan mengadakan flash sale besar-besaran ini membuat masyarakat mengikuti alur strategi pemasaran yang dilakukan shopee masyarakat akan mendapatkan keuntungan dalam berbelanja. Caranya shopee memikat para konsumen yaitu dengan mengadakan ongkir besar-besaran, mengadakan cashback, gratis ongkir sekaligus big sale setiap bulan contohnya sale 3.3, 12.12, agar konsumen lebih kompulsif dalam berbelanja karena merasa fomo. Setiap bulan pun juga, shopee selalu mengadakan flash sale + voucher dengan waktu yang terbatas, dan selalu menjamin produk dengan harga termurah.
Shopee memilih untuk berkolaborasi dengan grup idol dari Korea karena pada saat ini grup idol dari Korea sangat digemari, sehingga orang-orang akan lebih notice dan tertarik untuk melihat iklan shopee. Selain itu shopee juga akan semakin banyak digemari oleh masyarakat karena mempunyai berbagai fitur promo dan menjual beragam produk yang menarik dengan harga yang lebih kompetitif.
Untuk saat ini, shopee masih belum meraih keuntungan bersih, dimana pada kuartal ketiga 2021 kemarin, Sea Ltd mencatat kerugian bersih sebesar Rp 8,16 triliun. Hal tersebut dikarenakan shopee masih berfokus untuk mempromosikan bisnis yang sedang dikembangkannya agar memperluas pangsa pasar dan meningkatkan valuasinya, dengan cara melakukan strategi ‘bakar uang’ yaitu memberikan promo besar-besaran seperti gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan juga mengundang artis-artis sekaligus membuat acara besar-besaran. Semua itu bertujuan untuk mencuri perhatian pasar dan memunculkan loyalitas pasar, karena orang akan menganggap bahwa plaform tersebut memberi fitur, layanan, dan tawaran yang paling nyaman untuk digunakan. Karena itulah, biasanya strategi ‘bakar uang’ tersebut akan dikurangi secara perlahan-lahan dengan cara mengurangi tawaran promo-promo kepada pengguna sampai akhirnya suatu saat akan dihentikan, ketika target marketnya sudah berhasil dikuasai oleh shopee.
Oleh karena itu, walaupun masih merugi, menurut data dari iPrice, saat ini e-commerce shopee memiliki rata-rata transaksi per hari sebanyak 2,8 juta orang dan berhasil mendapatkan pengunjung bulanan rata-rata sebanyak 126.996.700 pengunjung. Kedua terbanyak setelah pesaingnya, Tokopedia. Namun untuk peringkat aplikasi di Play Store dan juga App Store, Shopee masih lebih unggul dan berada di puncak nomor 1.
References
- https://www.dreambox.id/blog/brand-strategy/istilah-bakar-uang-terkenal-startup/
- https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5847954/tokopedia-vs-shopee-di-industri-e-commerce-siapa-paling-banyak-pengunjung
- https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210922100246-37-278182/tokopedia-vs-shopee-siapa-juara-marketplace-di-indonesia
- https://www.facebook.com/ShopeeID/posts/2897972773794680
- https://www.google.com/search?q=shopee+ba&sxsrf=APq-WBvl2vS4v2pKmoXj5WexLJ_Iw-i8Tw:1648033879097&source=lnms&tbm=i
- https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/ini-daftar-grup-k-pop-yang-pernah-digandeng-shopee-siapa-berikutnya/
- https://careers.shopee.co.id/about
Comments :