Sadarkah Anda, bahwa sejak pandemi merebak di awal 2020, ada beberapa produk makanan yang langsung meningkat penjualannya karena tiba-tiba menjadi relevan buat masyarakat. Apalagi yang berhubungan dengan Health & Wellness.

Data terbaru dari Euromonitor (Feb 2022) mengkonfirmasi fakta bahwa industry Health & Wellness di Indonesia mengalami peningkatan +4.1% di tahun 2021. Hal yang menarik adalah kategori Digestive Health atau Kesehatan pencernaan mengalami growth sebesar +11.7% di tahun 2021 dan diperkirakan masih akan growing +8.9% sampai 2026.

Tidak aneh jika produk digestive health seperti kolagen, probiotic, dan salah satunya bone broth ini penjualannya naik signifikan sepanjang tahun lalu.

Pertama kali dengar istilah bone broth rasanya asing. Apa bedanya dengan kita makan kuah kaldu ayam/ kaldu sapi biasa? Namun setelah diriset lebih dalam, sepertinya memang betul bone broth itu berbeda dengan kaldu ayam/ sapi biasa. Pasalnya, proses memasaknya menggunakan metode slow cook dan lama (bisa 24-48 jam), tidak heran jika kandungan nutrisinya benar-benar berkhasiat untuk health and wellness. Hal ini membuat bone broth populer, terutama di kalangan masyarakat yang mempunyai dietary requirement tertentu.

Salah satu brand untuk produk ini adalah Broth & Co, yang direkomendasikan oleh 8 dari 10 orang. Broth & Co merupakan pelopor bone broth nomor 1 di Indonesia. Sang owner, Christine Tanuwidjaja, bercerita perjalanannya membangun Broh & Co. Dan akhirnya terjawab sudah mengapa brand ini memiliki die hard fans yang siap menunggu produk ini walaupun pembeliannya saat ini masih hanya via PO.

Perjalanan Broth &Co diawali dari kondisi autoimun Christine, dimana meminum obat-obatan malah memperburuk kondisi. Kondisi ini memaksanya mencari alternatif pengobatan yang lebih baik, yang salah satunya adalah dengan meminum bone broth.

Setelah bereksperimen dengan berbagai resep, akhirnya tercipta resep bone broth yang dapat dinikmati saat ini. Karena produknya dibuat dan dikonsumsi sendiri oleh Christine, maka konsumen pun mendapatkan “security” akan khasiat dan kualitas dari Broth & Co. Let the product do the marketing.

Tidak heran konsumen Broth & Co pun dangat loyal terhadap brand ini. Broth & Co berhasil membangun Tribe/ Movement yang berisikan konsumen-konsumen yang memiliki kebutuhan untuk produk ini. Ini adalah strategi marketing terbaik yang dapat sustain secara lama.

Produk juara. Konsumen gembira. Brand membara.

 

Source: https://www.instagram.com/p/CazQVBtBLbQ/?igshid=YmMyMTA2M2Y= dengan penyesuaian