Apa itu Pemasaran dan Strategi Pemasaran?

By: Stanislaus Franklin Linas, Michella Giselle, William Christopher

 

Apa itu Marketing

Pada umumnya marketing atau pemasaran merupakan kegiatan dimana para pemasar memasarkan produknya kepada masyarakat sehingga masyarakat tersebut juga bisa merasakan bahwa kebutuhan serta kepuasan yang dimiliki bisa terpenuhi. Meskipun begitu ketika melakukan pemasaran pastinya para pemasar harus bisa memikirkan bagaimana caranya perusahaan bisa tetap mendapatkan keuntungan sembari membuat konsumen jatuh hati terhadap barang atau jasa yang dipasarkan.

Marketing seringkali kita lihat pada kehidupan kita sehari-hari seperti misalnya iklan-iklan yang kita lihat di televisi, YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan perangkat-perangkat lainnya. Meskipun sudah banyak diluar sana perusahaan yang berhasil melakukan kegiatan marketing. Nyatanya adalah masih banyak diluar sana para pelaku bisnis yang keliru dengan pengertian marketing itu sendiri. Seringkali masih terlihat dimana mereka melakukan kegiatan selling, namun ketika ditanya mereka menjelaskannya bahwa hal yang mereka lakukan adalah kegiatan marketing.

Adapun jenis-jenis Marketing Strategy yang bisa kalian temui pada kehidupan sehari-hari dan efektif untuk digunakan.

Jenis-jenis Marketing Strategy:

  1. Pemasaran Media Sosial
    Pada Iklan berbayar sebuah perusahaan membayar pihak tertentu agar menampilkan produknya pada media sosial seperti di YouTube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lain-lain.
  2. Email Marketing
    Prosedur dimana memberikan advertising melalui email kepada pelanggan atau audiens yang menjadi target bisnis untuk mencapai tujuan pemasaran.
  3. Telemarketing
    Pemasaran dimana tenaga penjual yang menawarkan produk atau layanan melalui telepon atau konferensi web sesuai kesepakatan dengan calon pelanggan.
  4. Relasi Pemasaran
    Pemasaran ini berfokus membangun relasi terhadap membangun pelanggan. Meningkatkan hubungan yang ada dengan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
  5. Word of Mouth
    Pemasaran dimana konsumen yang membeli produk atau menerima jasa dari sebuah perusahaan memberikan cerita pengalamannya yang menjadi advertising secara gratis kepada masyarakat umum. Bisa seperti dalam bentuk blog dan lain-lain.
  6. Iklan Berbayar
    Pada tipe pemasaran kali ini seperti namanya sendiri iklan berbayar, kita bisa mengetahui bahwa marketingnya pasti mengarah kepada Internet atau televisi. Biasanya iklan berbayar ini bisa berupa Pay per click atau bisa ditemui pada Google dimana ketika melakukan pencarian biasanya ada website yang memiliki tulisan “Ads” atau Advertisement atau iklan. Iklan berbayar juga seringkali dikaitkan dengan Search Engine Operation atau SEO. Dimana bila pemasar bisa menuliskan judul yang menarik dan dekat dengan kata kunci pencarian maka website tersebut bisa berada di paling atas ketika ada orang yang mencari informasi berkaitan dengan website yang dibuat.
  7. Pemasaran Beragam
    Melayani konsumen yang beragam dengan menyesuaikan dan mengintegrasikan strategi pemasaran yang berbeda. Mencakup aspek seperti budaya, kepercayaan, sikap, pandangan, dan kebutuhan spesifik lainnya.
  8. Conversational Marketing
    Strategi dimana perusahaan mengandalkan percakapan yang bisa berlangsung secara real time melalui media seperti chatbot atau live chat.

Cara mengimplementasikan Marketing Strategy pada usaha yang sedang dirintis:

Implementasi marketing strategy pada sebuah usaha biasanya harus dilakukan dengan cara membuat sebuah rencana pemasaran terlebih dahulu. Seperti ke arah mana pemasar tersebut mau melakukan sebuah pemasaran. Apakah kepada kalangan anak muda atau orang tua atau semua umur. Selain itu pemasar juga harus bisa melihat media apa yang biasanya seringkali digunakan oleh sebagian besar penduduk di tempat tersebut. Karena penggunaan media sangat berpengaruh pada kegiatan pemasaran. Bilamana kita mau menargetkan anak muda maka biasanya pemasar akan melakukan kegiatan marketing tersebut pada social media seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Namun seringkali ditemukan juga bilamana targetnya adalah mereka yang umurnya sudah menginjak usia 40 tahun ke atas, maka biasanya pemasar akan melakukan marketingnya di Facebook. Selain itu pemasar juga biasanya melakukan kegiatan tersebut melalui televisi apabila mau menargetkan masyarakat yang masih sering menggunakan televisi.

Manfaat Strategi Pemasaran bagi UMKM

Pada sebuah bisnis UMKM, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan tepat agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Strategi pemasaran yang efektif dapat membuat produk atau jasa yang dijual dikenal oleh masyarakat. Strategi pemasaran juga dapat membantu perusahaan untuk terus berkembang, seperti dengan melakukan riset pemasaran perusahaan dapat mengetahui keinginan konsumen yang dapat membuat perusahaan terus berinovasi sesuai keinginan konsumen. Dengan strategi pemasaran yang baik, perusahaan dapat bertahan lama karena penggunaan strategi pemasaran dapat membuat kualitas produk semakin baik (terus berkembang sesuai keinginan pasar), kekuatan merek bertambah (karena sudah dikenal banyak orang), sudah memiliki loyal customers (memiliki pelanggan tetap yang sering menggunakan produk perusahaan), dan komunikasi pemasaran terus berlangsung (dengan para supplier atau investor). Strategi pemasaran yang efektif digunakan dapat membuat UMKM dapat bersaing di pasar dan tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Sekarang ini kita sedang memasuki era digital dimana teknologi di dunia ini semakin maju, mulai dari komunikasi yang semakin mudah dan cepat, hingga dalam hal berbisnis semua memakai alat digital (salah satunya dengan platform internet atau online). Dalam hal strategi pemasaran, perusahaan dapat menggunakan digital marketing atau pemasaran online seperti penggunan media sosial dan juga membangun website bisnis untuk hasil yang optimal. Penggunaan digital marketing sangat bermanfaat bagi UMKM karena dengan menggunakan strategi digital marketing perusahaan dapat menjangkau konsumen secara luas karena secara geografis, penggunaan alat digital tidak terbatas. Bahkan perusahaan dapat menjangkau seluruh indonesia dan juga sampai ke pasar internasional. Keuntungan penggunaan strategi digital marketing lainnya yaitu pelaku UMKM dapat meminimalisir modal karena dengan menggunakan digital marketing  (platform online) perusahaan tidak perlu lagi mencetak brosur maupun spanduk dan yang lainnya. Penggunaan strategi digital marketing juga bermanfaat bagi kedua pihak baik pelaku UMKM maupun pelanggan, karena dengan menggunakan platform online, pelaku UMKM dapat berinteraksi dengan pelanggan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu bertatap muka. Penggunaan strategi digital marketing ini sangat menguntungkan karena sekarang ini hampir semua orang di dunia menggunakan alat digital, sehingga penggunaan internet seperti media sosial, aplikasi, website, dan lainnya akan memudahkan UMKM mencapai target pasarnya.

 

References

1.https://www.jurnal.id/id/blog/2018-fungsi-penting-dari-marketing-dalam-perusahaan-yang-jarang-anda-ketahui/

  1. https://www.ekrut.com/media/jenis-strategi-pemasaran
  2. https://www.yodiz.com/blog/8-types-of-marketing-strategies-and-definition/
  3. https://zahiraccounting.com/id/blog/pentingnya-strategi-pemasaran-umkm/
  4. https://sertifikasiku.com/manfaat-menerapkan-digital-marketing-dalam-bisnis-usaha-mikro-kecil-dan-menengah/
  5. https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/apa-itu-umkm/