Akhir-akhir ini, ramai di media membicarakan tentang NFT. Apa sebenernya yang dimaksud dengan NFT?

 

NFT atau Non-fungible Token ini merujuk kepada aset digital yang merepresentasikan obyek-obyek pada dunia nyata. Obyek yang dimaksud berupa karya seni, musik, item-item dalam game dan juga video.

Secara sederhana NFT ini menjadi bukti kepemilikan digital (blockchain-based certificate) dari berbagai karya yang dihasilkan dalam ruang digital. Hal ini memungkinkan suatu aset digital untuk dilacak keaslian dan kepemilikannya.

NFT ini tentunya tidak dapat berdiri sendiri ya teman-teman. NFT tidak berada di dunia nyata, sehingga membutuhkan inang. NFT ini berada dalam ekosistem blockchain.

NFT dapat diperjualbelikan dengan mata uang digital juga tentunya seperti bitcoin dan etherium.

Meskipun saat ini masih menjadi perdebatan mengenai masa depan dari NFT ini, tetapi kita bisa melihat hal positif dari NFT ini. Terutama bagi para Kreator. NFT ini memungkinkan para kreator untuk dapat memperjualbelikan karyanya secara digital dan mendapatkan royalty dari penjualan karyanya tersebut.

Untuk teman-teman yang ingin mencoba membuat dan menjual karya-karyanya dalam bentuk NFT, teman-teman dapat mengakses beberapa marketplaces popular berikut ya:

  • io
  • Rarible
  • Foundation

Selamat mencoba…..

 

  • Karmagatri –