Analisis SWOT

Keunggulan KFC: Memiliki cabang di seluruh Indonesia dengan manajemen produksi yang cukup baik dan juga disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas dan enak karena terbuat dari daging ayam yang berkualitas, serta pelayanan yang cepat dan ramah.

Kelemahan yang dimiliki KFC: Harga kurang terjangkau untuk kalangan bawah dan Kurang memperhatikan nilai gizi.

Peluang yang dimiliki kfc: Mengembangkan varian jenis lain, antara lain dalam bentuk penyajian dan rasa baru serta dapat dijadikan bisnis franchise yang dapat menjadi pemasukan dari penjualan brand dan sistem manajemennya.

Ancaman bagi perusahaan kfc: Banyak ancaman yang dihadapi restoran cepat saji KFC saat ini adalah munculnya pesaing lain yang menjual produk serupa dengan harga lebih murah, kemudian kurangnya bahan baku ayam yang berkualitas. Saat virus flu burung merajalela, masyarakat juga takut makan unggas termasuk ayam dan karena masyarakat kini lebih sadar akan kesehatan, mereka beralih dari junk food ke makanan yang lebih sehat. Seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali bermunculan tepung bumbu ayam goreng sehingga masyarakat dapat membuat dan lebih memilih membuat ayam goreng dengan tepung sendiri daripada membelinya di restoran.

 

PENERAPAN

Perusahaan KFC ini menggunakan tenaga kerja dari daerah sekitar pendirian unit usaha. Perusahaan ini juga memberikan reward kepada karyawannya sehingga dapat memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Jangan lupa bahwa perusahaan KFC ini mengimplementasikan maksud dan tujuannya dengan membuat beberapa layanan yang dapat membuat tujuan dan sasaran tersebut tercapai

KFC Coffee merupakan tambahan unit bisnis Perseroan yang telah berjalan lebih dari tiga tahun. Pada tahun 2013 unit usaha ini mengembangkan beberapa produk baru dan mendapat respon positif dari pelanggan khususnya remaja.

Layanan Ulang Tahun kfc untuk memudahkan para orang tua yang ingin merayakan ulang tahun anaknya namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkannya. Layanan ini melakukan perbaikan pada jenis dan kualitas merchandise, serta memilih merchandise yang lebih tematik untuk mengikuti tren yang sedang populer saat itu.

Menggunakan jasa pengiriman untuk memudahkan konsumen mendapatkan produk yang diinginkan tanpa harus keluar rumah.

Layanan drivetrue yang dibuat untuk konsumen yang tidak memiliki banyak waktu untuk memesan makanan di restoran. Layanan drive-thru ini sangat cocok untuk konsumen yang sibuk sehingga dapat memesan tanpa harus turun dari kendaraannya.

STRATEGI PERUSAHAAN

Untuk mempertahankan kepemimpinan pasar di industri restoran cepat saji di Indonesia, selalu memberikan kepuasan “Yum!” infinity. Kembangkan dan tanamkan budaya yang dalam dan kuat di dalam organisasi dimana setiap karyawan membuat perbedaan dengan berinovasi dan selalu berpikir di luar kotak. Membangun pola pikir yang berorientasi pada “Customer and Sales Mania” dengan kesadaran yang tinggi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan melebihi apa yang diharapkan. Membedakan merek KFC yang sangat kompetitif dengan ide dan strategi inovatif. Mengembangkan kesinambungan dalam sumber daya manusia dan proses dengan fokus penuh pada pengembangan kompetensi dan kapabilitas. Menjaga konsistensi dalam mencapai kinerja terbaik.

 

STRATEGI PEMASARAN

KFC selalu menyempurnakan rasanya setiap saat untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau konsumennya. Cita rasa yang selalu disempurnakan merupakan inovasi untuk tetap menjadi yang terdepan di lini fast food. Inovasi yang disempurnakan ini mampu menciptakan berbagai kreasi menu baru dengan tidak melupakan ciri khas KFC.

KFC di setiap gerainya selalu memberikan berbagai fasilitas yang lengkap kepada konsumen yang datang. Strategi pemasaran KFC ini merupakan dukungan untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lengkap, termasuk tersedianya layanan internet gratis dan fasilitas arena bermain anak. Dengan menyediakan fasilitas yang lengkap di setiap gerai gerai, konsumen akan semakin tertarik.

KFC dibangun dengan lokasi yang strategis sesuai dengan mobilitas masyarakat. Sebagian besar KFC didirikan di daerah dengan mobilitas masyarakat yang tinggi. Dengan pemilihan lokasi yang tepat diharapkan konsumen dapat menjangkau loket KFC dengan mudah.

 

 

 

By:

Melvin Geraldo

Ricardo Raymond

Vincent Fabian

Mary Seraphine Abigail

 

Referensi:

STRATEGI PEMASARAN KFC

Mengulik Rahasia Strategi Pemasaran KFC

https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/14509/050521001.pdf?sequence=1&isAllowed=y