Dengan berkembangnya teknologi, membuat banyaknya hal-hal baru yang bermanfaat bagi kehidupan kita. Salah satu dari pemanfaatan teknologi yang ada adalah teknologi digital. Saat ini banyak para pelaku usaha yang sudah lama maupun pendatang baru menggunakan mediadigital seperti media sosial sebagai sarana mereka untuk menjual dan mempromosikan barang atau jasanya. Namun untuk melakukan promosi dalam media sosial tentunya memerlukan strategi agar produk atau jasa yang kita tawarkan dapat mencapai target pasar yang tepat.

Maka bagaimana cara kita untuk menargetkan customer untuk bisnis kita. Diantaranya caranya adalah dengan menganalisis STP. Apa itu STP, STP adalah segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting adalah membagi pasar ke bagian-bagian yang lebih kecil dengan kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda yang mungkin memerlukan strategi atau bauran pemasaran terpisah. Targeting adalah pemilihan dari segmentasi yang terbentuk untuk menjadi target utama pemasaran produk. Dan positioning adalah menempatkan produk di tempat yang jelas sesuai dengan target pasarnya.

Dan setelah kita mengetahui target dari bisnis kita, selanjutnya kita membuat buyer persona. Buyer persona adalah gambaran atau representasi  dari calon customer kita. Artinya buyer persona adalah gambaran yang kita buat seperti target customer kita. Cara untuk membuat buyer persona ini adalah kita meneliti apa sih kebiasaan dari calon customer kita, seperti pekerjaannya, keluarganya seperti apa, status sosialnya seperti apa, gaya hidupnya, kondisi ekonominya, media sosial apa yang digunakan.

Dengan adanya target yang jelas dan juga buyer persona akan mempermudah kita untuk melakukan strategi marketing untuk bisnis kita. Hal ini mempermudah dalam produksi konten di media sosial contohnya. Bagaimana kita membuat konten yang sesuai dengan target pasar kita dan juga bagaimana cara kita mengkomunikasikannya. Dan saat ini juga sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kita dalam mendesain dan juga menjadwalkan konten dari bisnis kita (Rifqi, Reynaldi, Wijayanto, Trifena).