Strategi Digital Marketing Sebagai Sarana Pemasaran Produk Tacocioso

Saat ini teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat cara kita melakukan kegiatan marketing sebuah produk kian berubah. Sebelum adanya digital marketing kita melakukan promosi dengan memasang iklan di billboard yang ada di jalanan dan di Tv. Selain itu kami juga melakukan promosi secara mulut ke mulut. Tentunya jika kami melakukan marketing tradisional seperti ini akan membutuhkan biaya yang cukup mahal dan tidak semua orang mendapat informasi mengenai produk yang dijual. Oleh karena itu, saat ini banyak pengusaha yang beralih menggunakan sarana digital untuk melakukan marketing. Hal itu juga terjadi pada produk kami Tacocioso. Dengan ada nya Digital marketing kami dapat melakukan promosi dengan harga yang jauh lebih murah dan konten nya menjadi lebih layak untuk dilihat.Media yang kami gunakan untuk melakukan promosi dengan menggunakan  Instagram.  Hal yang kami lakukan di dalam media sosial instagram adalah mengupload mengenai cara memesan produk kami, Produk-produk yang kami jual dan masih banyak lagi. Selain itu kami juga menggunakan Youtube sebagai media promosi kami. 

    Selain itu dengan adanya digital marketing  strategi pemasaran kami menjadi lebih terarah dengan menggunakan konsep SOSTAC (Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). SOSTAC adalah sebuah model perencanaan pemasaran agar lebih efektif dalam penerapan pemasaran digital perusahaan untuk pemasaran produk. SOSTAC bisa digunakan juga sebagai kerangka perencanaan untuk mengidentifikasi masalah marketing pada suatu pemasaran produk.

Tujuan dari penggunaan SOSTAC ini adalah sebagai teknik marketing untuk meningkatkan penjualan dengan cara melihat tingkah laku konsumen agar produk/jasa yang kita jual tepat sasaran dengan keinginan konsumen. SOSTAC ada 6 tahap: 

Situation Analysis adalah langkah yaitu menganalisis situasi dari proses pemasaran dari perusahaannya dengan cara mengumpulkan berbagai informasi berupa faktor eksternal dan internal dari perusahaan supaya tahu posisi bisnisnya di marketplace. Tujuannya agar perusahaan tahu bahwa perusahaan kita kurang apa yang bisa membuat konsumen tidak tarik menggunakan produk/jasa kita. 

Objectives 

Objectives adalah langkah dimana perusahaan mencatat tujuan-tujuan yang terukur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang akan dirumuskan dengan tujuan agar mempermudah evaluasi karena sudah ada objectives-nya (tujuan). 

Strategy 

Strategy adalah sebuah strategi agar perusahaan mencapai tujuannya. Strategy inilah yang akan memandu perusahaan untuk mencapai tujuannya.  

Tactics 

Tactics adalah sebuah langkah yaitu penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. 

Action 

Action adalah sebuah langkah dimana taktik-taktik yang sudah dirumuskan dimasukan ke marketplace, seperti lokasi penjualan, manajemen, promosi, dll.  

Control 

Control adalah sebuah langkah dimana perusahaan memeriksa atau mengevaluasi secara berkala apakah action-nya sesuai dengan tujuan perusahaannya atau belum (KW, SG, MA, RJ)

Sumber:  

https://elsamara.id/sostac-sebagai-strategi-digital-marketing/