Manfaat Digital Marketing Bagi UMKM

Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Sebagaian aktivitas Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Semakin banyaknya pesaing menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat digunakan untuk bisa meraih pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan. 

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus mampu bersaing di pasar internasional agar tak tertindas. Apalagi, di era persaingan ini, pelaku UMKM seharusnya melek akan teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk hingga ke luar negeri. Tercatat, jumlah UMKM di Indonesia cukup banyak, sekira 50 juta pelaku UMKM. Dalam era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing di era digital saat ini. Pelaku UMKM menemui kesulitan untuk mendapatkan solusi teknologi informasi yang tepat karena pelaku UMKM tidak memiliki staf khusus yang ahli dalam bidang teknologi informasi yang dinamis. Kendala lain, yakni banyaknya ragam produk teknologi, membuat pelaku UMKM bingung memilih solusi yang pas. Oleh sebab itu para pelaku UMKM membutuhkan panduan dalam memilih teknologi informasi yang tepat sesuai jenis usaha dan kebutuhannya. 

Selain itu pemanfaatan digital marketing untuk UMKM Digital Marketing ternyata tidak hanya bermanfaat untuk membantu memasarkan produk dari pelaku usaha bisnis dengan skala prioritas alias kelas atas. Namun juga bermanfaat untuk mempromosikan produk UKM yang ada di Indonesia. Berbeda dari pebisnis kelas atas yang memiliki budget tidak terbatas untuk mempromosikan produk maupun jasa mereka. Pelaku usaha kelas kecil menengah akan berpikir ratusan kali untuk menggunakan jasa dari agensi digital. Karena selain dianggap mahal, cara tersebut belum tentu efektif untuk meningkatkan penjualan. Padahal memasarkan produk melalui jasa agensi digital merupakan keputusan yang tepat. Dengan ide kreatif dari agensi digital produk dan jasa bisa dipasarkan dengan lebih mudah dan cepat (MA, MR, SM, SC).

 Referensi :

 https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/download/175/128  

https://gogo.co.id/online-marketing/manfaat-digital-marketing-untuk-ukm/