Tren digital marketing pada masa sekarang sudah dikenal di banyak masyarakat baik di masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia, tapi apa sebenernya digital marketing itu ? Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand dengan kretivitas produk maupun jasa menggunakan media digital, pemasaran melalui digital marketing dapat memperoleh manfaat berupa dapat biaya lebih murah dan mudah dikenal orang.dan juga menggali ide dan kreativitas seseorang , Digital marketing memudahkan promosi penjualan, seperti penggunaan media sosial yang banyak digunakan oleh para perusahan dan bisnis baru. Adanya social media menjadi sarana bagi customer untuk menyebarkan informasi seperti gambar, tulisan dan oleh karena itu product / jasa kita akan lebih mudah dipercaya oleh customer atau sebaliknya. Digital marketing menjadi sarana paling banyak dipilih di masa ini, selain mudah dan hemat untuk menaikan suatu merek akan suatu produk atau jasa. Digital marketing dalam membangun brand awareness untuk bisnis yang baru yaitu dengan cara menentukan media sosial yang akan digunakan, perencanaan pesan, dan menentukan teknik bauran promosi yang akan digunakan. Berkembangnya teknologi di masa sekarang dapat digunakan untu mengembangkan dunia bisnis. Salah satunya kegiatan komunikasi pemasaran mengharuskan memanfaatkan era digital dalam menguasai pangsa pasar. 

Brand awareness yaitu salah satu factor yang dapat mempengaruhi peningkatan suatu product / jasa , karena mereka akan lebih percaya terhadap product / jasa yang kita tawarkan apabila brand kita sudah dikenal banyak orang. Brand awareness sendiri memiliki arti sebagai kemampuan customer dalam mengenali serta mengingat suatu produk / jasa kita, dengan cara mengenali logo , warna atau gambar. Digital marketing juga mempengaruhi peningkatan brand awareness karena dalam hal ini kita dituntut untuk selalu kreatif dan berinovasi, hal ini agar product atau jasa kita diingat mudah oleh pasar. Beberapa cara brand awareness melalu digital marketing Contohnya, seperti Instagram. Instagram merupakan media sosial yang dapat mempromosikan sekaligus membangun kesadaran merek di mata konsumen. Aktivitas yang dilakukan berupa iklan akan produk. Iklan menjadi sangat penting dalam komunikasi pemasaran yang dapat menjangkau masyarakat luas dan dapat menyebarluaskan informasi secara luas dan cepat tentang produk dari suatu perusahaan. Dengan menggunakan iklan dalam media sosial seperti Instagram karena dianggap efektif karena biaya yang efisien dan jangkauan yang tak terbatas. Kita dapat memposting gambar berfitur HD tampil secara aestetic di timeline sehingga menimbulkan kepercayaan dan minat yang tinggi kepada konsumen. Di Instagram juga memanfaatkan fitur video “SG” atau masyarakat biasa menyebutnya snapgram dgn audio yang berkualitas sehingga menjadikan masyarakat tahu, ingat serta percaya pada produk yang dihasilkan. Selain Instagram, pada masa sekarang Tiktok digunkan oleh hampir semua orang di dunia, dari berbagai kalangan. Berbeda dengan Instagram, untuk mempromosikan produk/jasa tidak harus dengan membayar ads. Fitur pada tiktok dapat membuat konten cepat naik dan di viral di masyarakat. Hal itu sangat berpengaruh dalam membangun brand awareness (H!) 

Sumber: 

http://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/15878/8587 https://sasanadigital.com/apa-yang-dimaksud-dengan-digital-marketing/ https://www.logique.co.id/blog/2019/03/05/membangun-brand-awareness/