Dengan seiring berkembangnya teknologi digital di dunia termasuk di Indonesia dari tahun ke tahun penggunaan internet semakin meningkat karena semakin mudahnya untuk mengakses internet, dengan semakin berkembangnya teknologi digital salah satunya media sosial para pebisnis atau perusahaan menjadikan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada masyarakat. Instagram termasuk media social yang popular digunakan semua kalangan, Instagram juga selalu mengembangkan fitur- fitur baru (misalnya filter foto, slideshow, Instagram stories ataupun Instagram TV) Tentunya hal ini menjadi salah satu kesempatan bagi para pebisnis karena kemudahannya berinteraksi dengan para konsumen, 

 

Tujuan dari digital marketing: 

  1. Meningkatkan pangsa pasar untuk bisnis kita 
  2. Meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website 3.Meningkatkan pendapatan penjualan. 
  3. Mengurangi biaya, seperti biaya distribusi atau promosi. 
  4. Mencapai tujuan merek, seperti meningkatkan kesadaran terhadap merek dari bisnis kita 6.Meningkatkan ukuran database. 
  5. Mencapai tujuan Customer Relationship Management, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan. 
  6. Memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan. 

 

Manfaat dari digital marketing: 

  1. Dapat menghubungkan dengan konsumen di Internet.
  2. Menghasilkan penjualan yang tinggi. 
  3. Membuat konsumen lebih hemat. 
  4. Mengaktifkan layanan untuk pelanggan real-time. 
  5. Menghubungkan pelaku dengan konsumen yang menggunakan perangkat mobile. 6.Membantu menghasilkan pendapatan yang tinggi. 
  6. Memberikan Roi yang lebih tinggi dari kampanye yang dilakukan. 8.Menjaga posisi terbaik terhadap pesaing. 
  7. Membantu bersaing dengan perusahaan kompetitor. 10.Mempersiapkan untuk era internet of things. 

 Digital marketing sangat membantu kita untuk melakukan promosi, survei, dan memperluas pangsa pasar dari bisnis kita. Apalagi di zaman digitalisasi ini, hampir semua kebutuhan diakses dari handphone yang dimana digital berperan didalamnya. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan peluang dari digital marketing (AB, MI, MA).

 

Sources:

https://www.bola.com/ragam/read/4525595/pengertian-digital-marketing-tujuan-jenis- manfaat-langkah-memulai-dan-strategi-yang-perlu-dikuasai