Digital Marketing dalam Meningkatkan Efektifitas dan Efisensi Kinerja Pemasaran

Di era industri kita sekarang, tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi dan pemakaian internet selalu meningkat dan berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini tentunya akan berdampak pada perubahan sikap dan tingkah laku yang diberikan oleh konsumen. Menurut survey yang telah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Penggunaan Internet, Indonesia telah mengalami peningkatan sebanyak 96% dari tahun sebelumnya. Kebanyakan dari mereka menggunakannya untuk mencari bahkan membeli produk / layanan secara online. Maka dari itu, kita perlu memanfaatkan kesempatan ini dengan meningkatan penjualan lewat pemanfaatan digital marketing.  

Selektif dan gunakanlah media digital marketing yang sesuai dengan produk / layanan usaha Anda. 

Beberapa pilihan-pilihan sosial media yang tersedia tentunya berbeda, sesuai dengan bisnis masing-masing yang digeluti. Namun, perlu diingat bahwa akun sosial mediayang digunakan untuk penggunaan pribadi dan penggunaan berjualan harus dibedakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan apa yang ingin diinginkan. 

Pilihlah media komunikasi yang sesuai  

Sesudah mendapat ide mengenai sosial media yang akan digunakan, waktunya kita menentukan cara berkomunikasi dengan target market yang baik dan benar. Dalam berkomunikasi, kita harus terus melatih kemampuan kita untuk dapat membangun relasi yang lebih dalam dengan customer kita. Contohnya gunakanlah bahasa informal untuk target market anak muda. Penyampaian Value Proposition yang dilakukan berbeda tentu akan membawa kepada hasil komunikasi yang lebih flexible.  

Dalam dunia bisnis digital sendiri, kita harus dapat menentukan di mana kita akan berkomunikasi dengan customer dan di mana kita akan menjual produk kepada customer. Terdapat beberapa cara untuk kita dapat bertahan di dunia bisnis digital, dapat dilihat sebagai berikut: 

Cara komunikasi dengan customer. 

Dalam berkomunikasi, kita dapat menggunakan beberapa sosial media seperti Instagram, Twitter, Tiktok, dan Whatsapp. Terutama Whatsapp di mana kita bisa berbicara langsung kepada customer, hendaknya kita memiliki akun khusus berjualan. Hal ini bertujuan agar kita mampu menunjukkan keramahan kita. 

Mendapatkan pendapatan. 

Dalam mendapatkan uang, kita dapat menggunakan media lain seperti Shopee, Tokopedia, Bli-Bli, dan berbagai e-commerce. Berbeda dengan media komunikasi, e-commerce bertujuan untuk menampilkan produk-produk yang dijual dan membantu kita dalam memperlihatkan kredibilitas melalui rating di dalam aplikasi mereka. 

Siapkan media untuk transaksi digital  

Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita sebagai pengusaha untuk dapat menjangkau seluruh konsumen baik itu yang di dalam maupun di luar kota bahkan negara. Ada beberapa media transaksi digital yang bisa digunakan seperti transfer antar bank, rekening bersama, dan dompet digital. 

Mengoptimalkan penggunaan digital marketing 

Sebagai seorang pebisnis kita harus memperhatikan tempat mana yang akan dijadikan sebagai kegiatan jual beli  di dalam digital agar bisa memaksimalkan penggunaannya. Seperti halnya dengan sosial media, kegiatan jual beli ini harus sesuai dengan “Seberapa banyak target market pada bisnis kita menggunakan platform tersebut?”. Jadi harus lebih hati-hati agar bisa mengoptimalkan digital marketing pada bisnis kita. 

Meminta feedback dari konsumen  

Dalam menjalani sebuah usaha, pasti kita memerlukan sebuah feedback dari konsumen. Maka dari itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan feedback tersebut yaitu Lakukan survei kepada pelanggan secara online serta Amati dan baca komentar konsumen (Anbia, Joshlyn, dan Wijaya)

 

Sumber:

 5 Cara Meningkatkan penjualan sales Menggunakan Digital Marketing. JMC IT Consultant. Retrieved October 29, 2021, from https://www.jmc.co.id/blog/5-cara-meningkatkan-penjualan-sales-menggunakan-digital-marketing/. 

Cara Jitu meningkatkan Penjualan Dengan Digital Marketing. IDprogrammer. (n.d.). Retrieved October 29, 2021, from https://idprogrammer.com/cara-jitu-meningkatkan-penjualan-dengan-digital-marketing. 

UKM-Indonesia. (n.d.). Memanfaatkan Digital Marketing Untuk Meningkatkan penjualan. UKM Indonesia. Retrieved October 29, 2021, from https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/334.