Bisnis dan strategi adalah dua hal penting yang tidak dapat dipisahkan karena strategi merupakan suatu pedoman atau petunjuk bagi manajemen/seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Sebelum merumuskan suatu strategi bisnis, kita juga harus terlebih dahulu memperhatikan aspek yang dapat mempengaruhi bisnis kita, seperti aspek potensi pasar, persaingan pasar, target pasar, dan juga aspek teknologi. Setelah itu barulah kita dapat menentukan jenis strategi yang akan kita terapkan dalam bisnis kita sesuai dengan target pasar kita. Dalam menentukan jenis strategi, terdapat empat jenis strategi yang dapat diterapkan 

  1. Strategi inovasi 
  2. Strategi produk 
  3. Strategi cost-price leadership dan 
  4. Strategi merek 

Masing-masing strategi memilki pendekatan yang berbeda dan tergantung dari level ekspektasi dan level persepsi yang akan dibangun oleh manajemen atau pengusaha tersebut kepada para konsumennya. 

 

Sumber: Ken R. Blawatt, (2014). Entrepreneurial Strategic Management. Business Expert Press. ISBN: 978-1-60649-867-5