Di tengah hiruk pikuk Jakarta, tersembunyi sebuah permata tersembunyi bernama Pulau Untung Jawa. Salah satu dari tiga kepulauan kecil di Kawasan Pulau Seribu, DKI Jakarta, Pulau Untung Jawa menawarkan pesona wisata yang memikat. Keindahan pantainya yang menawan, lautnya yang jernih, dan budaya masyarakatnya yang unik menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.
Meskipun memiliki potensi wisata yang luar biasa, Pulau Untung Jawa masih terhambat oleh beberapa kendala dalam pengembangannya. Tim Proyek Inisiatif, yang terdiri dari 12 prodi dan 2 Center di BINUS University, menemukan beberapa permasalahan, seperti kurangnya kemampuan teknologi, kemampuan bahasa asing, dan mentalitas masyarakat setempat yang perlu ditingkatkan. Selain itu, promosi wisata Pulau Untung Jawa juga masih belum optimal.
Berlandaskan visi misi BINUS University untuk “Fostering and Empowering The Society”, Project Initiative menawarkan solusi multidisipliner untuk mengatasi permasalahan di Pulau Untung Jawa. Kegiatan diketuai oleh Dr. Yi Ying, S.S., M.Lit., M.Pd. dan beranggotakan Jimmy Linggarjati, S.Kom., M.Sc., Dr. Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom., dan Galih Dea Pratama, S.Kom., M.Kom., Benny, S.Kom., S.Dt.B, M.Pd., Dr. Akun, S.Pd., M.Hum., Dermawan Syamsuddin, S.Sn., M.Sn., Dr. Ir. John Fredy Bobby Saragih, M.Si., Suwarno, S.Si., M.Pd., Muhamad Nanang Suprayogi, S.Psi., M.Si, Ph.D., Stijn Cornelis van Huis, Ph.D., Teguh Amor Patria, A.Par., PGDip., MPPar., Ph.D, Thomas Galih Satria, S.Kom., M.TI, Seruni Rami Devitoyani, Ardian Saputra A.R. dan Wiwik, ini akan menyelenggarakan kegiatan “Transformasi Digital di Pulau Untung Jawa Berbasiskan Smart Island” pada tanggal 8 Mei 2024.
Kegiatan “Transformasi Digital di Pulau Untung Jawa Berbasiskan Smart Island” bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknologi, bahasa asing, dan mentalitas masyarakat setempat. Tim Project Initiative akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat Pulau Untung Jawa untuk memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, seperti promosi wisata, pemasaran produk lokal, dan edukasi.
... ... ...