Short Mobility Program Indonesia – Malaysia Sustainable Exchange for Empowering SDGs Action

Pada tanggal 26 – 27 Februari 2024 Teach For Indonesia bersama Faculty Of Digital Communication And Hotel And Tourism BINUS University dan International Office berkolaborasi dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM) dalam kegiatan Short Mobility Program Indonesia- Malaysia Sustainable Exchange for Empowering SDGs Action yang bertempat di Jakarta. Program ini dilakukan untuk lebih mengetahui pentingnya Sustainable Development Goals (SDGs) dan tantangan lingkungan yang dihadapi di negara Asia khususnya Indonesia dan Malaysia.

Kegiatan pada hari pertama dibuka di kampus BINUS @Alam Sutera dengan di hadiri oleh Ibu Irma Irawati Ibrahim, SS., M.Kom. selaku Deputy Campus Director BINUS @Alam Sutera dan Ts Dr. Ermeey Bin Abd Kadir yang merupakan Deputy Rector of Student Affair Universiti Teknologi Mara (UiTM). Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa BINUS University dan UiTM dan dilanjutkan dengan Sustainable Campus Tour yang mengajak para mahasiswa keliling kampus BINUS @Alam Sutera untuk melihat beberapa fasilitas yang ada seperti Photography Laboratory, Library dan Sport Hall. 

Menjelang siang, kegiatan dilanjutkan ke Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang ada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Setelah menikmati makan siang, para mahasiswa menuju Depo Pelastarian Lingkungan untuk melakukan kegiatan pemilahan barang-barang daur ulang yang mempunyai nilai jual yang hasilnya digunakan kembali khususnya botol plastik kemasan. Botol plastik ini akan di pisahkan dari tutup dan labelnya karena memiliki nilai jual yang berbeda. Tujuan dari kegiatan ini ialah mengajak para mahasiswa untuk peduli terhadap kondisi bumi, selain itu dapat mengurangi limbah sampah di lingkungan sekitar.

Pada hari ke dua, kegiatan dilakukan di Kampus BINUS @Kemanggisan dan dibuka oleh Bapak Dr. Ir. Yohannes Kurniawan, S.Kom., S.E., MMSI. selaku Vice Rector of Student Affairs at BINUS University. Setelah itu, dilanjutkan dengan Keynote Session yang di bawakan materinya oleh Ts Dr. Ermeey Bin Abd Kadir dengan judul “Navigating the Path to a Sustainable Future: Your Career and the SDGs”dan Ibu Dr. Siswantini, S.E., Ak., M.I.Kom. yang merupakan dosen dari jurusan Ilmu Komunikasi BINUS University dengan judul materi “The Zero-Waste Challenge in Achieving SDGs”. Melalui 2 Keynote Session tersebut, para mahasiswa yang tergabung dalam beberapa kelompok akan berdiskusi terkait SDG’s Workshop and Challenge Competition dan akan di presetasikan kepada Juri sehingga diperoleh 3 pemenang dengan ide terbaik.

Dengan adanya program ini, dapat menjadikan wawasan baru untuk membangun kesadaran akan pentingnya SDGs  dapat menjaga peningkatan kualitas hidup dari generasi saat ini ke generasi selanjutnya.

... ... ...