Binus Memastikan Keberagaman, Kesetaraan, dan Inklusi

BINUS University sangat mementingkan menjaga standar etika di seluruh institusinya. Untuk memastikan ketaatan terhadap praktik etika, universitas telah menyediakan beberapa unit terkait etika. Unit-unit ini diawasi oleh petinggi yang ditunjuk untuk bertanggung jawab atas masalah etika di seluruh institusi dengan bekerja sama dengan berbagai departemen, antara lain Good Organization Governance (GOG), Human Capital (HC), Student Advisory and Support Center (SASC), International Office (IO), Student Club & Activity Center (SCAC) dan Learning Service Center (LSC).

Salah satu inisiatif Good Organization Governance (GOG) untuk menumbuhkan perilaku etis di dalam institusi adalah penerapan sistem whistleblowing system (WBS). Sistem ini memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk melaporkan setiap pelanggaran integritas, seperti suap, benturan kepentingan, penipuan, atau penyimpangan lainnya. BINUS University menekankan pentingnya melaporkan insiden yang berkorelasi dengan itikad baik daripada keluhan pribadi. Stakeholder dapat membuat laporan melalui website resmi GOG BINUS University pada site Whistleblowing System, memastikan privasi dan perlindungan setelah pelaporan. Tim GOG Center juga dengan dukungan penuh dari manajemen universitas di bawah Finance department, bertanggung jawab penuh untuk menangani dan menyelesaikan masalah yang dilaporkan.

Departemen Human Capital (HC) memainkan peran penting dalam mengelola konflik dan melakukan investigasi pencarian fakta terkait pertanyaan, keluhan, dan masalah internal dan eksternal. Dengan keahlian dalam manajemen konflik, departemen HC memberikan saran dan panduan tentang kebijakan dan praktik SDM, memastikan lingkungan kerja yang kondusif. Mereka juga memfasilitasi strategi komunikasi dan keterlibatan karyawan, mendorong komunikasi dua arah dan umpan balik antara eksekutif dan karyawan. Dengan meningkatkan efektivitas sumber daya manusia, departemen HC bertujuan untuk mencegah dan mengurangi jumlah pengaduan dari pemangku kepentingan utama.

Student Advisory and Support Center (SASC) menyediakan layanan dukungan dan konseling bagi mahasiswa, menangani masalah akademik dan non-akademik. Di dalam SASC, tersedia layanan konseling untuk membantu mahasiswa menghadapi masalah psikologis yang dapat memengaruhi prestasi akademik mereka. Layanan konseling juga menjamin keamanan mahasiswa untuk melaporkan tindakan melanggar etika dari siapa pun yang ada di kampus BINUS University. Melalui sesi konseling individu dan program khusus, mahasiswa dibimbing menuju peningkatan kesejahteraan psikologis, yang memungkinkan mereka untuk mencapai potensi akademik optimal mereka. Di samping itu, SCAC memiliki layanan khusus yang ditujukan bagi mahasiswa yang membutuhkan pendampingan terkait dengan adanya kebutuhan khusus/disabilitas.

BINUS International Office (BIO) memberikan layanan yang dikhususkan bagi para mahasiswa asing. Di samping itu juga memberikan bimbingan dan dukungan kepada mahasiswa asing selama studi mereka, termasuk bantuan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, masalah visa, dan layanan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka untuk dapat berinteraksi dengan mahasiswa lokal dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru. BIO juga menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa yang memiliki permasalahan baik dari sisi akademik maupun non-akademik.

Student Club & Activity Center (SCAC) melakukan pembinaan dan menyediakan wadah bagi mahasiswa agar dapat berperan dalam membina seluruh Organisasi Kemahasiswaan (OK) termasuk di dalamnya adalah organisasi keagamaan yang yang terdapat di BINUS University. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa bukan hanya mendapatkan ilmu dalam bentuk hard skill, tetapi juga dapat meningkatkan soft skill bagi setiap mahasiswa yang terlibat di dalamnya. Demkian juga hal nya dalam hal beribadah, BINUS University menjamin kebebasan beragama dan memfasilitasi OK untuk masing-masing agama. Selain dari pada itu, terdapat juga jam khusus untuk kegiatan keagamaan di tempat ibadah masing-masing bagi seluruh mahasiswa.

Lecturer Services Center (LSC) memainkan peran penting dalam mengatasi masalah akademik seperti academic advisory dan hal-hal yang berhubungan dengan pengajaran. Mahasiswa dapat meminta bantuan dan klarifikasi terkait masalah akademik, termasuk terkait dengan etika, dan memastikan pengalaman belajar yang lancar selama perjalanan akademik mereka di BINUS University. LSC juga secara khusus menjadi unit penerima laporan pertama bila terjadi tindakan melanggar etika yang dilakukan oleh para Binusian terkait dengan akademik. Sebagai contoh, tindakan mahasiswa menyontek dalam ujian, siapapun dapat melaporkan dan tindakan tersebut akan diselidiki oleh LSC beserta unit-unit terkait.

Komitmen BINUS University terhadap ketaatan etis dan layanan dukungannya mencerminkan dedikasinya untuk menjaga lingkungan akademik yang kondusif dan bertanggung jawab. Dengan menyediakan saluran yang jelas untuk melaporkan pelanggaran etika, mendukung kesejahteraan mahasiswa, dan mengatasi masalah akademik, BINUS University berusaha untuk menjunjung tinggi komitmennya terhadap nilai-nilai etika dan memastikan pengembangan holistik para pemangku kepentingannya.

References:

https://www.binus.edu/gog/en

https://student.binus.ac.id/student-advisory-and-support-center/

... ... ...