DOSEN KULIAH TAMU DI UNIVERSITI SULTAN ZAINAL ABIDIN, TRENGGANU, MALAYSIA


Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS Shidarta, pada tanggal 29 Juni 2024 diundang sebagai dosen tamu untuk memberikan kuliah di Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA), Trengganu, Malaysia. Beliau memberikan materi berjudul “Legal Philosophy in Environment Sustinability” untuk mahasiswa mata kuliah International Environmental Law. 

Dalam kuliah ini Shidarta menyinggung problematika lingkungan yang sebenarnya menjadi kepentingan lintas-generasi. Ia memberi contoh pembukaan perkebunan kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia, yang punya potensi mengancam keberlanjutan pembangunan di bidang lingkungan. Dari sisi filsafat hukum, Shidarta menyatakan model pembangunan yang digunakan selalu cenderung utilitarianisme. Di sini selalu ada tarik menarik antara “pleasure and pain,” tetapi ia memberi catatan tentang perlunya upaya pembukaan lahan-lahan multikultur menjadi monokultur itu tidak sampai merugikan kelompok minoritas.

Kuliah ini dimoderatori oleh Assoc. Prof. Jeong, diikuti sekitar 40-an peserta. Setelah pemaparan, beliau membuka sesi tanya jawab yang membahas beberapa isu seputar hak-hak warga masyarakat atas lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. (***)

... ... ...