- Teaching and Learning -  

     Dalam era yang semakin berfokus pada keberlanjutan; bisnis dan organisasi perlu mempertimbangkan praktik pemasaran berkelanjutan yang menjadi semakin penting bagi bisnis dan organisasi. Namun, apakah Anda sudah familiar dengan konsep Sustainability Marketing? 

Dr. Minsani Mariani, S.T., M.B.A. adalah seorang pengajar dan ahli dalam bidang pemasaran berkelanjutan. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, dengan gelar Sarjana Teknik dari jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung (ITB), gelar Master of Business Administration (MBA) dari Birmingham Business School, University of Birmingham M.B.A (UK), dan menyelesaikan Doktor dalam bidang Manajemen dari Universitas Indonesia (UI). Dr. Minsani memberikan pelatihan tentang Sustainability Marketing: A New Paradigm”  yang dapat membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran berkelanjutan dalam bisnis. Peserta akan mempelajari bagaimana meningkatkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan dan mencapai kesuksesan dalam bisnis, baik itu di perusahaan atau organisasi. Modul ini difasilitasi oleh Dr. Minsani Mariani, M.B.A., bersama dengan Rosidah S.Psi., MBA, Ph.D., dan Annetta Gunawan, S.E., M.M. (Instruktur di Udemy), serta bekerja sama dengan Taman Belajar, program pembelajaran yang dikelola oleh Teach For Indonesia (TFI), organisasi nirlaba yang dibangun oleh BINUS University. 

Modul ini membahas prinsip-prinsip dasar pemasaran berkelanjutan, mulai dari "Apa itu Keberlanjutan?" hingga "Aksi Konsumen dan Bisnis untuk Mendorong Pemasaran Berkelanjutan". Peserta akan memerlukan waktu sekitar 100 menit untuk menyelesaikan modul ini dan mengerjakan latihan-latihan yang berkaitan dengan materi yang disampaikan untuk memastikan pemahaman yang kuat. Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat memahami prinsip-prinsip dasar pemasaran berkelanjutan dalam konteks pasar saat ini. Dalam bisnis modern, pemasaran berkelanjutan menjadi isu penting yang perlu diperhatikan. Dengan menguasai modul ini, peserta akan memperoleh keunggulan dalam bersaing di dunia industri, baik dengan kontribusi bagi perusahaan tempat mereka bekerja, maupun dalam bisnis yang mereka dirikan sendiri sebagai wirausaha. 

Dr. Minsani Mariani, S.T, M.B.A berharap dapat memberikan pelatihan tentang pemasaran berkelanjutan ini kepada perusahaan, dan pihak yang membutuhkan di masa depan. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi bisnis dan organisasi di Indonesia yang semakin memperhatikan keberlanjutan dan lingkungan hidup. Ia berharap pelatihan Sustainability Marketing bagi pengambil keputusan dan tenaga pemasar mampu berkontribusi dalam komunitas yang memerhatikan keberlanjutan, membentuk konsumen yang sadar pembelian bijak berlandaskan kegunaan dan dampak bagi dunia.  

 

“Social Marketing mengukur perubahan behavior sehingga diukur seberapa banyak perilaku konsumen dan pihak pemasar yang berubah yang memberi dampak pada Sustainability. Perlu dipahami juga bahwa kita perlu mengubah mindset dan behavior tidak hanya semata produk tersebut ramah lingkungan, akan tetapi juga perlu mengedukasi konsumen untuk membeli apa yang mereka benar-benar perlukan dan gunakan.” - Dr. Minsani Mariani, S.T., M.B.A