Metcalfe Law

Ketika membahas tentang social media, ada sebuah konsep yang bernama Metcalfe Law, atau Hukum Metcalfe. Hukum Metcalfe ini menjelaskkan bagaimana caranya jaringan social media ini bekerja. Menurut Metcalfe, jaringan ini bisa menguat ketika semakin banyak orang yang terhubung satu sama lain. Semakin banyak pengguna social media yang saling terlibat dan berkolaborasi, maka jaringannya akan semakin kuat.

Contoh misalnya seperti media social Facebook yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengumpulkan komunitas. Ada komunitas pecinta tanaman, kucing, game, atau bahkan komunitas pelanggan untuk produk tertentu. Katakanlah ada sebuah komunitas, yaitu komunitas pecinta kucing yang melakukan kegiatan penggalangan dana untuk street feeding atau memberi makan kucing liar sekaligus steril kucing supaya tidak berkembang biak semakin banyak. Awalnya peserta yang berdonasi tidak banyak, hanya 10 orang. Tetapi ketika 10 orang ini juga memposting tentang kegiatan penggalangan dana ini di akun pribadi social media mereka, banyak orang-orang yang tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut. Ketika pesertanya mencapai puluhan, atau bahkan ratusan, bayangkan berapa besar dana yang terkumpul. Tidak hanya dana saja, mungkin juga bantuan berupa waktu dan tenaga juga semakin besar. Dan banyangkan berapa banyak kucing liar yang tertolong karena jaringan yang semakin kuat tersebut.

Tetapi, Hukum Metcalfe juga menyatakan bahwa memelihara jaringan ini tidaklah mudah. Diperlukan dukungan yang kuat dan konsisten supaya jaringan ini bisa terus bertumbuh. Karena jarang ada komunitas atau jaringan yang bisa mencapai jumlah yang besar dan mapan, yang bisa membuat sistemnya sendiri jika tidak dikelola dengan baik. Oleh sebab itu, dukungan dari para anggota jaringan ini sangat diperlukan untuk terciptanya jaringan yang solid.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia