Langkah Awal Penelitian (I) 

Pernahkah anda sebagai siswa, mahasiswa, atau bahkan akademisi, memiliki kesulitan dalam menentukan topik atau fokus penelitian? Jika ya, maka anda bukanlah satu-satunya. Menentukan topik maupun fokus penelitian seringkali menjadi tantangan bagi pelajar maupun akademisi. Walaupun katakanlah sebuah ketertarikan atau keingintahuan sudah terbesit dalam pikiran, namun hal tersebut belum cukup. Apalagi bagi seseorang yang memiliki cukup banyak ketertarikan. Bagaimana harus memilih salah satu yang paling sesuai dan potensial? 

Memang tidak ada formula spesifik yang harus diikuti oleh peneliti untuk mendapatkan sebuah topik penelitian. Namun, ada beberapa cara atau metode yang dapat digunakan untuk membantu mengawali penelitian. Yang pertama, tentunya adalah memiliki satu hal utama yang ingin diketahui. Pertanyaan yang biasa diajukan adalah: apa yang ingin anda ketahui? Jawaban dari hal tersebut akan menjadi topik utama yang akan dilanjutkan ke tahapan selanjutnya. Jika anda sudah memiliki topik, maka pertanyaan selanjutnya adalah mendetailkan topik tersebut dari pertanyaan sebelumnya. Sebagai contoh, jika ketertarikan anda berkisar pada penggunaan media sosial, hal apa dari penggunaan media sosial yang ingin anda ketahui atau teliti?  

Untuk bisa mendapatkan fokus penelitian yang tepat, gunakan rangkaian pertanyaan terkait topik utama yang sudah anda pilih tersebut untuk mengerucutkan fokus anda. Masih menggunakan contoh yang sama, misalnya anda ingin mengetahui penggunaan Instagram untuk self-branding, maka pertanyaan selanjutnya adalah self-branding dari siapa yang ingin anda ketahui. Dari sini anda bisa mengetahui lebih spesifik lagi terkait sasaran penelitian, karena tentunya tidak semua kelompok anda akan teliti/cari tahu terkait brandingnya. Anda dapat meneruskan rangkaian pertanyaan sampai anda mendapatkan fokus spesifik dari penelitian. 

Menentukan topik atau fokus penelitian bisa dimulai dari beberapa langkah awal. Salah satunya adalah menggunakan rangkaian pertanyaan pengantar yang dapat diturunkan menjadi suatu kalimat terfokus. Opsi lain yang dapat dilakukan akan dibahas dalam artikel berikutnya.  

 

Reference: 

Donald Treadwell and Andrea Davis. 4th Edition, 2019. Introducing Communication Research : Paths Of Inquiry. SAGE, California. ISBN 9781506 

Penulis:
Anindya Widita