Uncertainty Reduction Theory Part II

Untuk lebih memahami tentang Uncertainty Reduction Theory (URT) atau Teori Pengurangan Ketidakpastian, kita perlu mempelajari tentang asumsi-asumsi yang menyusun teori tersebut sebagai berikut: 

  1. Setiap orang akan merasakan ketidakpastian atau bahkan cemas ketika bertemu orang asing untuk pertama kalinya, karena mereka memiliki harapan yang berbeda-beda terhadap orang lain.
  2. Ketidakpastian adalah keadaan yang tidak mengenakkan, dapat menimbulkan ketidaknyaman dan memicu stress.
  3. Ketika orang asing bertemu perhatian utama mereka adalah mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan prediksi, dengan cara mengajukan pertanyaan. 
  4. Selanjutnya, terjadi komunikasi interpersonal yang melibatkan 3 fase, yaitu: 
    1. Entry Phase (Fase Awal) : Menyapa dan membalas sapaan orang lain. 
    2. Personal Phase (Fase Personal) : Memberikan lebih banyak informasi pribadi. 
    3. Exit Phase (Fase Akhir) : Memutuskan akan melanjutkan pembicaraan atau tidak 
  5. Komunikasi interpersonal menjadi alat untuk mengurangi ketidakpastian, tetapi terdapat tantangan-tantangan seperti kemampuan mendengar, non verbal, dan bahasa yang mungkin tidak sama. 
  6. Dalam komunikasi interpersonal, kuantitas dan sifat informasi yang dibagikan dapat berubah seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh ketika hanya ada dua orang yang berbicara, belum banyak informasi yang dibagikan. Tetapi ketika ada orang lain datang dan ikut terlibat, suasana menjadi lebih cair dan lebih banyak informasi yang dibagikan. 
  7. Perilaku seseorang sebetulnya dapat diprediksi melalui hukum yang berlaku. Contohnya ketika seseorang terlibat dalam sebuah pembicaraaan, ia cenderung tidak menjelekkan nama orang lain, karena ada hukum yang mengatur seperti perncemaran nama baik.  

Dengan memahami teori ini, diharapkan kita akan lebih mudah dalam mengambil sikap ketika berhadapan dengan orang lain atau situasi yang sama terjadi pada diri kita.  

 

Oleh:  

Adhi Murti Citra Amalia H., S.Ant., M.Med.Kom. 

Sumber:  

West & Turner. (2009). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. Mc-Graw-Hill. New York.