PERTIMBANGAN MENENTUKAN LETAK TANAMAN DALAM RUANGAN

Saat ini terutama di era new normal, trend meletakkan tanaman di dalam ruangan telah semakin digemari masyarakat.  Secara umum tujuan dari masyarakat memasukkan tanaman di dalam ruangan adalah mendekorasi ruangan supaya berbeda dan lebih nyaman, serta alasan kesehatan.

Dalam ruangan, pertimbangan dalam menentukan perletakkan tanaman tidak akan lepas dari elemen interior yaitu lantai, dinding, plafon dan furniture.

Berikut adalah pilihan metode perletakan tanaman yang dapat digunakan.

  1. Diletakkan di Lantai

Metode ini merupakan metode yang paling umum digunakan. Pot diletakkan di atas lantai secara langsung maupun dengan tambahan material kayu atau besi sebagai standing pot. Keunggulan dari metode ini adalah tidak perlu memikirkan konstruksi tambahan dalam perletakannya serta mudah dipindahkan. Sedangkan kekurangan dari metode ini adalah membutuhkan space tambahan serta rawan tersenggol oleh anak-anak.

 

  1. Ditempelkan di Dinding

Metode ini cukup menjadi trend dan banyak disebut juga dengan metode vertical garden. Sesuai namanya, tanaman akan diletakkan secara vertikal pada dinding. Keunggulan dari metode ini adalah dapat menghemat space ruangan serta aman dari anak-anak. Kekurangannya adalah perlu konstruksi khusus agara aman, serta cukup sulit untuk dipindahkan.

 

  1. Digantung di Plafon

Metode ini jarang digunakan, tetapi akan menambahkan estetika khusus yang cukup menarik. Tanaman akan terekspose dan menjadi point of view dalam ruangan. Keunggulan dari metode ini adalah tidak menghabiskan space ruangan, aman dari anak-anak serta unik. Kekurangan dari metode ini adalah perlu adanya konstruksi khusus.

 

  1. Diletakkan pada Furniture

Metode ini juga umum digunakan. Tanaman tinggal diletakkan pada furniture yang sudah ada misalnya meja, lemari pendek serta ambalan. Kelebihan dari metode ini adalah tidak perlu ada konstruksi khusus dan fleksibel. Kekurangan dari metode ini adalah dimensi tanaman tidak bisa flesibel, harus menyesuaikan tempatnya.

 

Demikian beberapa metode perletakan tanaman di dalam ruangan.

Ida Bagus Ananta Wijaya, S.T., M.T.