Mengenal Berbagai Jenis 3d printing

by: Ida Bagus Ananta W.

Perkembangan teknologi terus berkembang termasuk peralatan di bidang prototyping. Alat pembuat prototype yang sering digunakan saat ini adalah 3d printing. Dalam duni adesain interior, alat ini sangat berguna dalam membuat prototype aksesoris interior yang nantinya digunakan sebagai acuan dalam membuat produk jadinya. Ada berbagai macam jenis 3d printing yang ada di pasaran diantaranya adalah :

  1. Stereolithography (SLA)

Digunakan pertama kali tahun 1980, dengan ciri khas mencetak selapis demi selapis. Material yang digunakan sejenis cairan yang akan membeku saat terpapar sinar ultraviolet.

  1. Selective Laser Sintering (SLS)

Hampir sama dengan SLA, perbedaan ada pada jenis material berbentuk bubuk kaca,nilon, dan keramik. Hasil akhir cenderung lebih kasar. Keunggulan produk ini adalah cocok untuk memproduksi objek yang tersusun oleh material yang bervariasi.

  1. Fused Deposition Modelling (FDM)

Ciri utama adalah material akhir menggunakan bahan plastik. Tipe ini paling hemat biaya, ramah lingkungan dan waktu pengerjaan relatif cepat. Kekurangannya adalah hasil akhir kasar dan kurang kuat.

  1. Digital Light Processing (DLP)

Printer jenis ini hampira sama dengan jenis SLA karena sama-sama menggunakan material resin plastik cair yang akan mengeras jika terpapar cahaya. Perbedaannya terletak pada jenis cahaya yang dipakai, SLA menggunakan sinar UV, sedangkan DLP memakai layar proyektor dengan pencahayaan digital.

Reff

https://fomustudio.com/format-file-3d-printer-terpopuler-dan-paling-banyak-digunakan/

Baskoro Azis