Aditya Zaidan, Finalis IFCA (Indonesia FAshion and Craft Award) 2020

Tahun 2020 merupakan penyelenggaran kompetisi Indonesia Fashion and Craft Awards (IFCA) yang ke- 5 kalinya sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2015. Nilai lebih yang ditawarkan oleh IFCA adalah bukan semata kompetisi di bidang desain produk fesyen dan kriya, namun juga mengedepankan nilai-nilai sustainability, yaitu bagaimana suatu desain memiliki tidak hanya memiliki nilai komersial namun juga menawarkan solusi bagi permasalahan sosial maupun lingkungan (Planet – People – Prosperity).

Pada kompetisi ini Aditya Zaidan telah mengikuti dan masuk 10 besar dengan posisi finalis ke 7 di tingkat Nasional. Karya yang dibuat adalah One1 Toothbrush.

Sikat gigi merupakan salah satu alat yang digunakan setiap manusia. Tetapi sikat gigi memiliki umur yang terbatas dikarenakan bulu yang rusak maupun tingkat kebersihan. Sikat gigi baik digunakan selama 3 bulan dan harus diganti untuk menjaga kehigenisan. Tentu hal ini menyebabkan masalah yaitu sampah. One1 Toothbrusuh diharapkan dapat menjadi solusi untuk sampah sikat gigi ini.

One1 Toothbrush merupakan sikat gigi berkonsep ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan material plastik. Sikat gigi ini tidak perlu diganti dengan seutuhnya hanya perlu mengganti bulu sikat untuk mengurangi jumlah sampah sikat gigi.

Dengan menggunakan aluminium berstandar medis sebagai leher sikat gigi dan kayu sonokeling gagang lalu menggunakan bambu dan serat bambu organik sebagai bulu sikat. Penggunaan bambu sebagai bulu sikat yang berasal dari bahan organik dapat terurai secara alami saat tidak terpakai atau saat sudah dibuang sehingga sampah penggunaan sikat gigi yang menggunakan bahan plastik dan silicon dapat berkurang.