Setting Rutinitas Lampu di Rumah

oleh : Andi Pramono

Pada artikel sebelumnya penulis telah membahas cara mematikan dan menyalakan lampu dengan aplikasi smarthome, Pada kesempatan ini penulis ingin mengupas lagi sisi lain kelebihan dari aplikasi smarthome dalam mematikan dan menyalakan lampu, yaitu dengan routines. Feature ini memungkinkan rutinitas Anda dalam menyalakan dan mematikan beberapa lampu melalui aplikasi smarthome yang terkoneksi dengan google home Anda.

Berbeda dengan mengontrol lampu yang dilakukan satu per satu, routines adalah salah satu feature yang dapat mengontrol beberapa lampu di beberapa ruangan sekaligus secara bersamaan, Feature ini dijalankan dengan perintah suara pada handphone Anda atau pada google nest Anda. Sebagai contoh Anda mengucapkan “ Hai google, Selamat pagi”, maka akan ada perintah untuk mematikan semua lampu di semua ruangan. Contoh lain Routine adalah “OK gugu, Saya datang”, maka lampu utama ruang tamu menyala dan indirect light saja pada ruang tidur yang menyala, dan masih ada beberapa lagi feature routine yang dapat Anda setel.

Untuk menyetel feature ini, Anda diwajibkan memilih nama Routines dan menentukan lampu mana di ruangan mana saja yang akan dinyalakan atau dihidupkan. Feature ini akan bekerja kapan saja selama ada perintah suara dari Anda. Tidak menutup kemungkinan anda mengucapkan “Ok google, Selamat pagi”  pada malam hari karena anda menginginkan setelan lampu yang sudah disesuaikan dengan routines.