Hemat Listrik dengan Smarthome Apps

oleh : Andi Pramono, S.T.

 

Tagihan listrik yang besar atau pulsa PLN yang kerap sering kita top-up adalah salah satu fenomena bahwa kita boros dalam pemakaian listrik. Banyak faktor yang mempengaruhi borosnya pemakaian listrik, salah satunya adalah faktor kelalaian atau lupa. Ada juga faktor lain yang menyebabkan membengkaknya pengeluaran listrik, yaitu faktor sedang bepergian jauh sehingga menyebabkan lampu bekerja 24 jam. Dua dari beberapa faktor lain inilah yang coba penulis selesaikan permasalahannya dengan menggunakan aplikasi Smarthome.

Pada umumnya penggunaan lampu hanya pada malam hari atau pada saat cuaca gelap karena hujan. Sedangkan pada pagi hingga sore hari ada baiknya jika lampu dalam keadaan mati. Pada malam hari pun, saat jam tidur, juga tidak semua lampu ruangan perlu di nyalakan, Namun ada beberapa individu yang lupa mematikan lampu pada pagi hari, dan terkadang lampu baru dimatikan sampai siang hari menunggu sang empunya bangun dari tempat tidur. Dengan menggunakan software smart home, pemilik rumah dapat menjadwalkan kapan lampu itu nyala dan kapan lampu tersebut harus mati.

Hal ini juga sangat membantu bagi pemilik rumah yang sedang bepergian jauh. Kini tidak perlu merepotkan tetangga Anda untuk menyalakan dan mematikan lampu rumah Anda. Tidak perlu juga Anda menyalakan lampu teras Anda 24 jam selama Anda Bepergian. Cukup dengan bantuan aplikasi smarthome, Anda dapat menjadwalkan on-off untuk mengontrol lampu di rumah. Selain itu pemilik rumah juga dapat mematikan dan menghidupkan lampu kapan saja melalui aplikasi yang terhubung ke internet.

Adapun cara bekerja aplikasi smarthome dalam mengontrol listrik rumah Anda adalah sebagai berikut. Pertama saklar lampu yang digunakan adalah saklar yang memiliki feature smarthome, yaitu fasilitas yang memungkinkan saklar tersebut dihubungkan dengan wifi router. Untuk jenis lampu yang digunakan adalah lampu biasa, bukan lampu khusus. Begitu juga untuk instalasi kelistrikannya pun juga instalasi pada umumnya, tidak ada perlakuan khusus. Kedua pastikan ada jaringan internet di wifi router Anda, karena perangkat inilah yang nantinya sebagai penghubung dengan handphone Anda. Last but not least adalah pastikan handphone Anda dapat mendownload dan install  aplikasi smart home dan memiliki jaringan internet. Dengan melengkapi ketiga persyaratan ini, sudah dapat dipastikan Anda dapat menghemat pengeluaran Anda dalam tagihan ataupun pulsa listrik.