Tata Letak Dapur

by: Baskoro Azis, ST., MT.

Rumah merupakan merupakan kebutuhan primer dan salah satu tempat manusia untuk berisitrahat, berlindung, dan tempat berkumpulnya sebuah keluarga. Dapur merupakan bagian terpenting dari rumah dan menjadi jantung kegiatan oleh para ibu-ibu untuk kesehariannya (kecuali wanita karir).

Ada beberapa layout dapur yang akan membuat dapur tampak menjadi lebih menarik. Akan tetapi layout dapur tersebut lebih cocok untuk tipe hunian jenis tertentu

  1. Dapur satu sisi

Dapur jenis satu sisi ini akan lebih cocok pada hunian yang sempit, misal apartemen, paviliun, rumah kost, rumah tipe 36, 54, dan 72.

Sumber : baliinterio.co.id

  1. Dapur linier dengan dua sisi

Dapur jenis ini lebih cocok untuk anda yang memiliki tempat hunian yang memanjang ke samping atau kebelakang (persegi panjang). Dengan dua sisi yang digunakan untuk mencuci piring, tempat untuk persiapan dan memasak pada 1 sisi, sedangkan 1 sisi yang lain digunakan sebagai tempat untuk persiapan memasak dan tempat meja makan dengan luas sisinya selebar 60-80 cm. Biasanya pada apartemen yang luas dan rumah tipe 72 keatas.

Sumber : haibunda.com

  1. Dapur Letter L

Dapur Letter L memberikan kesan luas untuk pengguna dapur tersebut. Biasanya dapur ini diperuntukkan yang betah didapur berjam-jam karena tempatnya yang luas dan memiliki area tersendiri didalam rumah sebagai tempat spesial serta cocok untuk rumah bertipe diatas 72 keatas.

Sumber : LLIBERÓS SALVADOR ARQUITECTOS (Arsitek Valencia)

  1. Dapur Letter U

Dapur dengan letter U cocok untuk hunian yang cukup besar dan memiliki area yang khusus seperti halnya dapur ukuran dapur letter L, karena dapur ini memiliki celah kosong untuk peralatan dapur dan rumah tangga yang cukup lengkap. Tata letak dapur jenis U lebih efisien untuk mempersiapkan makanan dan memasak karena pengguna dapur ini berporos pada satu tempat dan hanya dibutuhkan putaran dari kompurke tempat cuci, tempat persiapan dan kulkas.

Sumber : homeepiphany.com

  1. Dapur Letter G

Jenis dapur ini memilik keuntungan yaitu tidak perlu ruang makan untuk menghemat luas ruangan. Jika diperlukan ruangmakan dipersilahkan. Karena dapur letter G ini sudah termasuk dengan meja makan yang menjadi satu dengan dapurnya. Akan tetapi memberikan kesan sempit tetapi juga mendapatkan banyak ruang untuk peralatan dapur anda. Jika anda suka memasak tetapi memiliki rumah yang tidak cukup besar (tipe 72 keatas) mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif yang tak ingin memiliki ruang makan.

Sumber : home-designing.com

  1. The Island Kitchen

Jika anda memiliki luas hunian yang cukup luas dan ingin memberikan kesan mewah dan bersahabat, jenis dapur ini lebih cocok untuk anda yang suka memasak dan membutuhkan ruang gerak yang banyak untuk mempermudah aktivitas anda di dapur. Selain itu tempat ini memiliki ruang penyimpanan yang banyak. Jika anda sekeluarga suka memasak bersama mungkin ini bisa jadi pilihan tepat untuk anda.

Sumber : furniterus.com

Mungkin sekian penjelasan saya tentang dapur. Bagi anda pecinta kerja di dapur untuk bereksperimen makanan dan berada seharian didapur bisa jadi alternatif untuk merenovasi rumah anda dengan dapur seperti pada artikel diatas sesuai dengan kebutuhan anda.

Sekian artikel pengetahuan tata letak dapur dan sampai jumpa di artikel lainnya. Semoga Bermanfaat !!