Teknologi Yang Dapat Digunakan Untuk Menambah Kenyamanan Penghuni Dalam Hunian Kost Eksklusif

Hunian adalah tempat tinggal yang dapat memberikan rasa nyaman dan tentram untuk penghuninya. Pastinya semua orang membutuhkan sebuah hunian karena tanpanya kita tidak akan mempunyai tempat untuk beristirahat dan berlindung dari berbagai kondisi diluar. Sekarang, terdapat banyak sekali tipe hunian seperti rumah, hotel, apartemen, kondotel, rumah susun, dan kos-kosan. Dari setiap hunian tersebut tentunya mempunyai penghuni yang berbeda-beda. Rumah biasanya dihuni oleh sebuah keluarga yang beranggotakan sepasang suami istri dan anak-anaknya untuk jangka waktu yang panjang dan untuk hotel biasanya dihuni oleh beberapa orang untuk jangka waktu yang pendek. Dalam projek kali ini kami memilih kos-kosan sebagai objek projek kami, lebih spesifiknya kos-kosan eksklusif, karena kami ingin memberikan sebuah hunian yang ekstra nyaman untuk para penghuni khususnya para mahasiswa yang sedang merantau. Kami ingin menambahkan beberapa teknologi yang kami rasa dapat meningkatkan kenyamanan penghuni karena kebanyakan kos sekarang belum memakai teknologi tersebut yang pastinya dapat menurunkan tingkat kenyamanan penghuni. Ide Penerapan Teknologi pada Plafon Banyak orang mengkhawatirkan kesehatan mereka, entah itu dari makanan yang mereka makan atau pun dari air yang mereka minum. Aspek penting perihal hidup sehat juga dipengaruhi oleh kualitas udara yang kita hirup. Zaman sekarang udara semakin bertambah kotor karena adanya polusi, polusi dari kendaraan, polusi dari pabrik, dan polusi gas berbahaya dari hasil pembakaran lainnya. Hal ini menyebabkan salah satu gas berbahaya seperti nitrogen oksida (NOX) yang merupakan komponen primer pembentuk hujan asam menjadi polusi yang dapat mengganggu kesehatan karena sering terhirup oleh kita. Gas berbahaya ini jika terus terhirup akan dapat menyebabkan kanker paru-paru atau penyakit jantung kronis meskipun di dalam lingkup ruangan. Hal ini dapat terjadi dikarenakan udara yang sudah tercemar tersebut masuk ke dalam ruangan melalui bukaan seperti jendela dan pintu yang ada di dalam rumah. Oleh karena itu diperlukan sistem pendeteksi polusi udara untuk dapat membantu orang dalam memantau kualitas udara dan melakukan antisipasi jika gas berbahaya tersebut sudah berada di sekitar kita.

Gambar 1: https://www.tokopedia.com/warboduino/sensor-mq-135-for-air-quality

Pemanfaatan teknologi sensor pendeteksi kualitas udara bisa menjadi salah satu solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satu teknologi sensor pendeteksi kualitas udara adalah sensor tipe MQ-135. Sensor tipe MQ-135 disebut sebagai air quality control sensor, sensor ini mempunyai fungsi dan cakupan yang luas untuk mendeteksi kualitas udara dari gas yang mencemari lingkungan atau membahayakan kesehatan seperti ammonia, aromatic compounds, sulfur, benzene vapor, smoke, NH3, NOx, alcohol, CO2, dan lain-lain. Dengan penerapan sensor pendeteksi kualitas udara tersebut pada hunian kos-kosan akan sangat bermanfaat bagi semua penghuni kos-kosan, karena dengan jumlah penghuni yang banyak akan sangat membantu jika ada zat-zat beracun yang bisa membahayakan penghuni dapat terdeteksi dengan cepat.

Ide Penerapan Teknologi pada Dinding

Dinding adalah sebuah struktur yang menjadi pembatas yang kerap ditemukan dalam sebuah bangunan. Beberapa fungsi dinding adalah menjadi pembatas antar ruang, pengedap suara, dan melindungi bagian dalam bangunan dari sinar matahari. Di daerah-daerah yang tergolong dingin pastinya membutuhkan penghangat di dalam sebuah ruangan agar tetap merasa hangat. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu menghangatkan sebuah ruangan contohnya seperti membeli penghangat ruangan. Tetapi, hal itu pastinya membutuhkan energi listrik untuk menyala dan pada akhirnya akan menambah pengeluaran uang. Hal itu dapat memperberat para penghuni kos khususnya para mahasiswa yang biasanya menghemat pengeluaran mereka. Pada sebuah kos-kosan juga kerap ditemukan sebuah permasalahan dimana penghuni 1 kesal dengan penghuni lainnya karena memutar lagu atau berbicara dengan keras sehingga mengganggu kenyamanan. Masalah-masalah ini kerap ditemukan di sebuah kos-kosan dan karena itu terdapat sebuah solusi yang dapat membantu permasalahan-permasalahan tersebut yaitu menambahkan sistem insulasi yang lengkap pada bagian dinding kos-kosan.

Gambar 2: http://mystudio.co.id/product-detail-insulasi-tipe-pro-52.html

Insulasi adalah penggunaan material dengan nilai konduktan rendah untuk mengurangi aliran energi Insulasi adalah penggunaan material dengan nilai konduktan rendah untuk mengurangi aliran energi melintas material tersebut. Untuk mereduksi aliran energi tersebut material harus mempunyai nilai resistan yang tinggi (nilainya kebalikan dari konduktan) (Dwiminanti et al., 2022). Dengan memakai teknologi ini, akan membantu menghangatkan kamar-kamar dan ruangan dalam kos sehingga akan meminimalisir penggunaan penghangat ruang yang mana akan mengurangi penggunaan listrik dan pengeluaran uang. Memakai teknologi ini juga dapat menjadi pengedap suara sehingga saat di satu kamar berisik, tidak akan terlalu mengganggu kamar lain. Karena itu, penggunaan insulasi lengkap pada dinding akan sangat bermanfaat pada sebuah kos-kosan dan akan membuat kos-kosan dengan teknologi ini menjadi kos-kosan eksklusif.

Ide Penerapan Teknologi pada Lantai

Lantai bangunan berfungsi sebagai penutup ruangan bagian bawah, selain itu masih punya tugas untuk mendukung beban beban yang datang dari benda benda perabot rumah tangga, manusia yang ada ataupun lalu lalang dalam ruang. Itulah mengapa lantai merupakan bagian dari ruangan yang paling sering berinteraksi dengan penghuni ruangannya, letaknya yang berada dibawah kaki membuat penghuni hampir selalu menginjaknya setiap melakukan aktivitas didalam ruangan. Sebab hal ini terkadang kita dapat merasakan ketidaknyamanan pada lantai, terutama pada daerah yang didominasi oleh suhu rendah. Pada daerah yang bersuhu rendah ini lantai akan mengikuti suhu di sekelilingnya yang membuat lantai menjadi dingin dan dapat membuat beberapa orang tidak nyaman saat menginjaknya. Hal ini dapat diatasi dengan pemanas pada lantai.

Gambar 3&4: Sistem Pemanas Lantai

Pemanas pada lantai ini merupakan sebuah sistem dimana pada bawah lantai terdapat pipa pipa plastik tempat air panas bersirkulasi pada ruangan. Dengan cara ini tidak hanya dapat membuat lantai menjadi hangat dan nyaman pada suhu rendah, sistem ini juga dapat membuat suhu ruangan menjadi hangat juga, hal ini dikarenakan apabila sistem ini diterapkan di lantai, hawa panas cenderung akan naik yang membuat suhu ruangan juga akan menghangat. Sistem pemanas lantai ini nantinya akan diterapkan di tiap kamar kos yang dimana pemanasnya dapat diatur oleh masing masing penghuni kamar sesuai kebutuhan mereka masing masing.

Evelyn Elvina Putri Wiratmo, Yukiko Safira Zaharani, Naufal Bominian Rasendriya