PERKEMBANGAN FURNITRE WESTERN MODERN

Pergeseran menuju era modern dimulai setelah berakhirnya perang dunia 2, kelelahan terhadap bentuk dan detail ornamen yang berlebihan dirasakan, detail yang teliti dianggap berlebihan dan citra status kerajaan dianggap tidak penting lagi. Istilah “Fitness to function” merupakan hal yang biasa bagi masyarakat pada zaman ini, orang membeli karena kebutuhan akan furniture untuk berfungsi. Bentuknya menjadi lebih geometris, organik dan inovatif; bentuk-bentuk tersebut diekspresikan dalam bentuk seni kriya oleh perancangnya. Perkembangan material baru dan penggunaan material baru juga dominan pada era ini. Perlakuan material yang sesuai dengan karakter material menjadi faktor penentu munculnya inovasi.

SEJARAH MODERN BARAT MODERNISME 1910 – 1920

Perkembangan radikal, revolusi artistik, meninggalkan detail yang teliti. Penerapan materi yang baru dikembangkan. Selama era ini, istilah “Kebugaran untuk fungsi” diperkenalkan. Gaya modernisme condong ke arah garis lurus dan bentuk geometris yang ditujukan untuk produksi massal. Gaya ini tidak menggunakan ornamen apapun; namun, itu menekankan pada bentuk dasar dan telanjang. Desainer terkenal di era ini adalah: Charles Rennie Mackintosh, Josef Hoffmann dan Frank Lloyd Wright.

SEJARAH MODERN BARAT ART DECO

Art Deco muncul pada waktu yang hampir bersamaan dengan modernisme. Selama tahap pengembangan, keduanya dipengaruhi oleh kubisme. pasca-impresionisme dan futuris. Art Deco lebih menekankan pada pengerjaan. Melalui pengetahuan pembuatan kabinet tradisional. Terinspirasi oleh bentuk geometris dari ilmu pengetahuan dan teknologi (mesin, mobil, pesawat terbang). Di Amerika inspirasi juga datang dari gedung pencakar langit.

SEJARAH MODERN BARAT MODERN ABAD TENGAH

Perang Dunia 2 berdampak pada umat manusia di seluruh dunia. Selama era ini, banyak inspirasi datang dari Italia, Skandinavia dan Amerika. Era bercahaya, interior luas, warna cerah dan dominan. Pendekatan desain pada era ini terinspirasi oleh bentuk organik, mis. bentuk molekul dan visi luar angkasa. Aplikasi dan pengembangan material baru misalnya: plastik, busa, dan karet.

SEJARAH MODERN BARAT POP

Budaya Pop pada tahun 1960 menunjukkan suatu bentuk antitesis dari modernisme. Era dimana masyarakat mengakui adanya teknologi yang berkembang pesat. Era di mana budaya muda, hip, keren dan modis lahir. Di era ini bentuk-bentuk alternatif ditemukan.

SEJARAH MODERN BARAT POSTMODERNISME

Postmodernisme 1970 – awal 1980, merupakan lahirnya era radikal, inventif, dan luar biasa. Bentuk yang tidak biasa dan bentuk dekonstruksi.

SEJARAH MODERN BARAT MENUJU MILLENIUM
Menyusul era pasca modernisme. Bentuk-bentuk pada era ini mengambil bentuk organik yang dinamis. Menekankan pada fungsi form follown.

Muhammad Rivaldhi Ardhiansyah, Hilmi Farrel Hardy, Misael Rio Fabian