Cara Menentukan Desain Etalase Retail

Sumber : https://id.pinterest.com

Ketika kita berjalan di suatu mall tentunya kita akan melihat berbagai macam desain dari etalase suatu toko tertentu. Saat ini kita akan membahas mengenai desain etalase retail yang baik dan benar yang sering digunakan pada sebuah retail besar.

Sebelum anda menentukan barang daganan dan alat display mana yang akan digunakan untuk tampilan sebuah etalasa retail, kita perlu memutuskan sebuah ide atau tema dari desain. Tujuan dari tema tersebut adalah untuk berfokus pada seni atau barang daganan yang nantinya akan kita jual. Bagaimana tampilan sebuah etalasa desain yang menarik :

1. Titik fokus

Pada sebuah tampilan etalase harus memiliki titik fokus. Titik fokus ini akan menjadi elemen dominan dari sebuah tampilan etalase tersebut. Sering kali barang daganan utama yang di pamerkan berada di etalase tersebut. Contoh: sebuah manekin yang sedang memakai baju yang sedang tren yang di display dengan kreatif sebagai titik fokus utama untuk menarik perhatian terlebih dahulu dan kemudian mengarahkannya ke produk yang akan anda jual.

https://id.pinterest.com/pin/1485484876827757/

2. Keseimbangan Optik

Keseimbangan optic merupakan pertimbangan penting saat menghasilkan ide tampilan etalase toko. Dengan adanya kesembangan simetris dapat membuat mata lebih nyaman, dan menciptakan tatanan yang dapat diproses secara oleh otak secara natural.

Tampilan asimetris dapat menarik minat lebih baik, mendorong pengunjung untuk melihat lebih dekat. Keseimbangan asimetris merupakan gaya informal dan memiliki unsur kejutan.

https://iuliaperfilova.wordpress.com/2012/11/12/optical-balance-window-display

3. Kedalaman dan layering

Dalam mendesain etalase retail juga diperlukan layering didalam penataan produk yang akan di display. Penataan produk ini didasarkan pada penempatan besaran produk atau bahkan produk yang ingin dipamerkan dan akan membuat menarik perhatian secara visual. Dengan menggunakan tekstur material dalam display etalase yang bervariasi membuat tampilan etalase semakin menarik, serta dengan tambahan pencahayaan yang baik dapat menyempurnakan display etalase semakin menarik.

https://id.pinterest.com

4. Pengelompokan Gaya Untuk Tampilan Etalase

Ada dua bentuk utama pengelompokan yang paling umum digunakan: pengelompokan piramida dan pengelompokan pengulangan.

Pengelompokan piramida adalah bentuk paling umum dari tampilan display dikarenakan mendorong pergerakan alami mata, pengelompokan ini dapat dilihat di banyak etalase toko.

Pengelompokan pengulangan juka merupakan metode tampilan yang sangat popular dalam banyak etalase toko. Gaya ini bagus untuk menekankan aspek tertentu, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati dikarenakan tidak mengurangi titik fokus pengunjung.

https://id.pinterest.com

Setelah kita mengetahui penempatan display untuk etalase tentunya untuk display itu sendiri kita harus memilih jenis-jenis alat apa saja yang cocok untuk dijadikan display etalase tersebut. Berikut alat-alat display yang sering digunakan dalam etalase:

1. Manekin

Manekin adalah bagian penting dari persedian alat display etalase, sering digunakan di ritel garmen karena penting untuk pembeli agar supaya dapat membayangkan bagaimana pakaian tersebut terlihat pada mereka.

https://www.google.com/search?q=manekin

2. Gantungan Kabel

Adanya kebutuhan untuk menampilkan banyak gambar sekaligus mengakibatkan adanya display yang menggunakan kabel untuk mendisplay barang pajang, memaksimalkan ruangan tampilan dengan cara mendisplay secara digantung.

https://www.ubuy.com.tr/en/product/

3. Poster dan signs

Penyampaian informasi penting juga dapat disampaikan melalui poster dan tanda dalam tulisan. Informasi tersebut dapat berupa jam buka toko, informasi penjualan dan lain-lainya. Dengan adanya poster di etalase juga merupakan peluang besar untuk menampilkan informasi secara grafis yang menarik.

https://graphicdesign.stocklayots.com

4. Layar Display

Penggunaan layar pada area etalase juga dapat digunakan bertujuan untuk menampilkan informasi penjualan dan informasi lainnya. Display layar juga memiliki ukuran bermacam-macam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.

https://mannequimall.com/

5. Display Box

Tentunya kita juga sering melihat pada area etalase sering menampilkan display kubus dalam berbagai bentuk untuk meletakkan barang display.

https://www.ebay.com/itm

itulah cara menentukan desain etalase semoga dapan membantu mencari inspirasi dalam mendisplay etalase retail.

 

 

Andhika Pramalystianto