Aplikasi dengan Teknologi VR dan AR di Bidang Design Interior

Dengan perkembangannya zaman, mulainya bermacam kota yang Mulai berkembang dan maju seperti contohnya kota Metro. Sama dengan perkembangannya zaman juga memberikan dampak majunya teknologi dan sumber pengetahuan untuk memberikan para masyarakat kemudahan agar dapat melangkah ke masa depan lagi. Sebagian besar masyarakat Kota metro menghabiskan banyak uang atau modal untuk memaksimalkan nilai rumah mereka ataupun interior. Akan tetapi, banyak orang juga yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memilih apa yang cocok bagi mereka. Dengan ini dibantunya teknologi yaitu VR dan AR. Teknologi VR merupakan istilah dari lingkungan simulasi yang berasal dari digital dan para pengguna dapat merasakan secara nyata. Sedangkan untuk AR sendiri, merupakan istilah yaitu Augmented Reality dimana teknologi ini bisa menmpatkan obyek virtual yang kita ingin letakkan di area tempat nyata atau lingkungan kita.

Penggunaan teknologi ini sudah meluas di berbeagai negara bahkan dunia yang bisa berupa dari digital komputer, aplikasi dan banyak lagi. Sehingga, penggunaan teknologi ini membantu para masyarakat di kehidupan mereka seperti memberikan banyak pilihan. Hal ini pun juga berlaku untuk interior dikarenakan banyak orang yang ingin memiliki rumah impian sesuai kenyataan. Dengan bantuannya, VR dan AR ini sebagai alat untuk mengkomunikasikan desain untuk para pengguna. Sehingga, tanpa pengetahuan teknis, pengguna dapat memahami desain yang mereka inginkan seperti konsultasi desain yang memberikan pengguna seperti tour ruangan. Selain itu, penggunaan VR dan AR bisa membantu untuk menerapkan produk atau furniture yang kita inginkan sebelum membeli. Dengan ini, pengguna pun bisa mengetahui apa yang cocok untuk ruangan mereka.

Cara pengerjaan VR dan AR ini menggunakan kamera 360 derajat sehingga dapat mengitari ruangan dan detail ruangan. Penggunaan VR dan AR memudahkan juga kepada desainer interior untuk menciptakan ruangan dalam realitas virtual dengan cepat dan ekonomis,menghemat adanya waktu dan tenaga kerja, daapat mevisualisasikan ruang yang kompleks dan membuat keputusan fungsional serta nilai yang estetik. Hal ini akan memberikan dampak positif, dimana para desainer bisa memaksimalkan kepuasan para klien dari kepercayaan dan keyakinan mereka.

Ars app ini merupakan aplikasi yang menggunakan bantuan VR dan AR dimana ia menjualkan produk termasuk interior. Aplikasi Ars ini lebih sering digunakan untuk penjualan furniture agar memberikan para pelanggan bisa menjadi lebih mudah tanpa menghabiskan waktu di toko dan bisa bersantai di rumah. Selain itu, hal ini juga bisa membantu apakah furniture atau dekorasi yang diinginkan sesuai dengan impian dan keinginan seorang pelanggan. Ars app ini termasuk aplikasi gaya hidup yang memberikan kemudahan para pelanggan dan juga langsung bisa membeli barang pada aplikasi tersebut secara pribadi. Secara singkat, ars app ini memberikan peluang para pelanggan agar mengurangi resiko salah beli dikarenakan setiap barang yang dijual di aplikasi tersebut merupakan ukuran 1:1 atau ukuran asli.

Berbeda dengan aplikasi ars, Fuzor merupakan sebuah perangkat lunak VDC yaitu untuk mernacang konstruksi. Aplikasi Fuzor ini memiliki simulasi 4D dan 5D berkualitas tinggi yang dibuat di Fuzor untuk memberikan hasil maksimal pada proyek dan memastikan pengiriman proyek tepat waktu dan sesuai anggaran. Fuzor mampu menggabungkan model 3D besar, data point cloud dan jadwal proyek untuk mensimulasikan metodologi konstruksi dan menghasilkan pernyataan metode yang terperinci. Aplikasi Ini dirancang khusus untuk membuat materi pelatihan untuk mempersiapkan logistik dan pekerja lapangan Anda dengan lebih baik ke lokasi kerja. Untuk pengendalian dan manajemen proyek yang efektif, Fuzor menyediakan jadwal yang direncanakan dan aktual, pelacakan biaya, dan lepas landas kuantitas berbasis model dalam simulasi dan laporan urutan konstruksi 4D. Sedangkan, untuk para profesional AEC, Fuzor menyediakan Platform Desain Terpadu yang memberikan alur kerja yang mulus dengan teknologi secara langsung yaitu dua arah yang telah dipatenkan dengan penggabungan Revit, Sketchup, FBX, dan jenis file lainnya di Fuzor untuk merasakan model lengkap Anda dalam 2D, 3D, VR, AR, C.A.V.E., dan HoloLens. Fuzor menawarkan serangkaian alat analisis dan koordinasi untuk memastikan efektivitas dan keberhasilan proyek secara maksimal.

 

Anneke Anggala